Kompas TV video vod

Keras! Jerman Tegur Rusia soal Serangan ke Ukraina di Hadapan Majelis PBB

Kompas.tv - 2 Maret 2022, 11:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS TV - Kecaman bagi Rusia atas serangan ke Ukraina terus berdatangan, termasuk dari negara-negara Eropa.

Salah satunya Jerman, yang tegas menegur Rusia atas 'perang' yang mereka kehendaki.

Hal tersebut dilayangkan oleh Menteri Luar Negeri Jerman Annalena Baerbock di hadapan majelis PBB.

Baca Juga: Penampakan Gedung Pemerintahan Kharkiv Ukraina yang Hancur usai Serangan Rudal Rusia

Ia menegur Menteri Luar Negeri Sergey Lavrov, menyebut bahwa Rusia telah menyalahgunakan kekuasaan sebagai anggota Dewan Keamanan.

"Faktanya, Anda (Rusia) menyalahgunakan kekuasaan Anda sebagai anggota tetap Dewan Keamanan. Tuan Lavrov, Anda dapat menipu diri sendiri, tetapi Anda tidak akan menipu kami." ujar Baerbock di hadapan majelis PBB.

Di kesempatan yang sama Baerbock juga menyatakan bahwa Jerman akan menyalurkan bantuan bagi Ukraina, termasuk di antaranya bantuan militer dan bantuan kemanusiaan.

"Setiap pengungsi harus menerima perlindungan, tidak peduli apa kebangsaan mereka, tidak peduli apa asal mereka, tidak peduli warna kulit mereka. Kami juga telah memutuskan untuk mendukung Ukraina juga secara militer untuk membela diri melawan penyerang sesuai dengan Pasal 51 piagam kita." ujar Baerbock.

"Ketika tatanan damai kami diserang, kami harus menghadapi kenyataan baru itu. Kami harus bertindak bertanggung jawab . Itu sebabnya kita harus bersatu untuk perdamaian hari ini." lanjutnya.

Video Editor: Androw Parama




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x