Kompas TV nasional peristiwa

Tambah Pasokan Air Bersih Jakarta, Dua Sistem Penyediaan Air Minum Mulai Konstruksi Tahun Ini

Kompas.tv - 27 Februari 2022, 05:55 WIB
tambah-pasokan-air-bersih-jakarta-dua-sistem-penyediaan-air-minum-mulai-konstruksi-tahun-ini
Ilustrasi air putih. Kebutuhan air bersih di Jakarta masih kurang sehingga Kementerian PUPR tahun ini akan membangun Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) untuk menambah pasokan air minum bersih bagi warga Ibu Kota. (Sumber: pixabay.com)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan memulai pembangunan dua Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) untuk menambah pasokan air minum bersih bagi warga Jakarta.

Dua SPAM ini akan dibangun dengan skema kerja sama antara Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) di tahun 2022.

"Dua SPAM tersebut yakni SPAM Regional Jatiluhur I (SPAM Jatiluhur) memanfaatkan air baku dari Bendungan Jatiluhur, di Provinsi Jawa Barat melalui Saluran Tarum Barat, dan SPAM Regional Karian-Serpong, memanfaatkan air baku dari Bendungan Karian di Provinsi Banten," jelas Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan tertulis, Sabtu (26/2/2022).

Baca Juga: Krisis Air Bersih Sejak 1980, Begini Kondisi Air Tanah di Kawasan Muara Angke Jakarta

Basuki menjelaskan, SPAM Regional Jatiluhur I akan menyediakan pasokan air minum sebesar 4.750 liter/detik. 

Ini akan didistribusikan kepada sekitar 380.000 sambungan rumah (SR) atau sekitar 1,9 juta jiwa yang ada di Provinsi DKI Jakarta dan Jawa Barat yakni Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, dan Kabupaten Karawang. 

Sementara itu, proyek SPAM Regional Karian-Serpong nantinya dapat menyediakan air minum curah sebesar 4.600 liter/detik ke tiga wilayah.

Antara lain; DKI Jakarta sebesar 3.200 liter/detik, Kota Tangerang sebesar 750 liter/detik, dan Kota Tangerang Selatan sebesar 650 liter/detik.

"Dengan adanya pembangunan SPAM Regional Karian-Serpong ini diharapkan dapat menghasilkan sekitar 368.000 sambungan rumah (SR) untuk memberi layanan air minum kepada sekitar 1,8 juta jiwa," kata Basuki. 

Baca Juga: Krisis Air Bersih, Warga Muara Angke Demo Gubernur Anies Baswedan

Basuki menambahkan, SPAM Regional Karian-Serpong ialah salah satu proyek terintegrasi pengelolaan sumber daya air, yaitu pembangunan Bendungan Karian, Saluran Air Baku Karian-Serpong, dan SPAM Regional. 

“Ini sumbangan yang tidak sedikit untuk melayani air bersih dan menjamin kualitas air yang lebih baik. Kementerian PUPR sudah melakukan beberapa pembangunan di bidang air minum melalui KPBU misalnya SPAM Umbulan, Semarang Barat, dan Bandar Lampung," kata Basuki. 

Penandatanganan perjanjian KPBU pembangunan dua SPAM tersebut telah dilaksanakan pada awal tahun 2021 lalu. 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x