Kompas TV olahraga kompas sport

Solo Jadi Destinasi Sport Tourism, Wawali: Kami Gairahkan Lagi Event Olahraga di Tengah Pandemi

Kompas.tv - 26 Februari 2022, 13:19 WIB
solo-jadi-destinasi-sport-tourism-wawali-kami-gairahkan-lagi-event-olahraga-di-tengah-pandemi
Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa memakaikan judogi ke salah satu perwakilan pejudo disaksikan Ketua Umum Pengcab PJSI Surakarta Hendro Pramono dan perwakilan Pengprov PJSI Jawa Tengah sebagai tanda dimulainya Kejurda Solo Open 2022 di GOR Toraja, Kadipiro, Banjarsari, Surakarta, Sabtu (26/2/2022). (Sumber: Kompas.tv/Gading Persada)
Penulis : Gading Persada | Editor : Edy A. Putra

SOLO, KOMPAS.TV - Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta terus menggairahkan kembali event-event olahraga di tengah masih terjadinya pandemi Covid-19.

Wakil Wali Kota (Wawali) Teguh Prakosa bahkan mendorong pengurus cabang olahraga (cabor) yang ada di Kota Bengawan untuk kembali mengadakan event-event olahraga.

"Sejalan dengan Kota Solo yang ingin menjadi destinasi sport tourism dan business tourism, maka silakan saja (pengurus cabor) untuk menggelar event kembali. Tetapi tetap ingat terapkan prokes ketat agar dapat izin dari Satgas Covid-19," jelas Teguh usai menghadiri pelantikan Pengcab Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) Surakarta di GOR Toraja, Kadipiro, Banjarsari, Surakarta, Sabtu (26/2/2022).

Menurut Teguh, saat ini angka positif Covid-19 di Kota Solo sudah stabil dan bahkan cenderung turun dan dia meyakini seperti yang disampaikan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bahwa Kota Solo akan mencapai puncaknya pada medio Maret mendatang.

Baca Juga: Momen Presiden Jokowi Nonton Judo dan Bulutangkis di Peparnas XVI Papua

"Event olahraga harus kembali digelar agar pembinaan tidak mandek, supaya prestasi Solo itu tidak hanya akademik saja, tapi juga olahraga. Sarana prasarana juga sudah memadai kok," imbuhnya.

Dia pun sangat mengapresiasi langkah cepat yang dilakukan Pengcab PJSI Surakarta periode 2021-2026 di mana langsung menggelar event Kejurda seusai dilantik.

"Hari ini judo sudah menggelar event olahraga, sebelumnya sudah ada bulu tangkis, dan mungkin nanti olahraga lain. Apalagi Solo juga akan jadi tuan rumah Piala Dunia U-20," tutur dia.

Adapun Pengcab PSJI Surakarta periode 2021-2026 yang baru dilantik ini berada di bawah nahkoda Hendro Pramono, S.Sos. Bersama pengurus lainnya, pelantikan dilakukan langsung oleh Ketua Umum Pengprov PJSI Jawa Tengah Mohammad Saleh.

Baca Juga: Langgar Prokes dengan Jalan-Jalan di Kota Tokyo, 2 Atlet Judo Georgia Dikeluarkan dari Olimpiade

"Solo itu kota olahraga bersejarah dan banyak melahirkan atlet-atlet berprestasi. Khususnya di judo ini, kami dari Jateng tentu akan terus mensuport agar olahraga judo bisa terus berkembang," imbuh Mohammad Saleh.

Usai pelantikan, langsung digelar Kejurda Solo Open 2022 di mana pada hari ini melanjutkan gelaran yang sudah dimulai sejak sehari sebelumnya, Jumat (25/2).

Menggelar kategori junior, senior dan kadet, Solo Open 2022 ini sekaligus sebagai ajang seleksi untuk Kejurnas 2022 yang berlangsung Maret nanti.

"Kejurda ini diikuti 18 kota/kabupaten se Jawa Tengah dengan 280 peserta. Ada 60 emas, 60 perak dan 120 perunggu. Berlangsung sejak kemarin dan berakhir Minggu (27/2) besok, seluruh pelaksanaan event kami terapkan prokes ketat dengan kewajiban melakukan tes antigen," sambung Hendro Pramono didampingi Sekum PJSI Surakarta Ahmad Bahar.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x