Kompas TV nasional peristiwa

Soroti Perubahan Iklim, Jokowi: Semua Negara Sudah Ngeri, Bencana yang Tak Ada Jadi Ada

Kompas.tv - 23 Februari 2022, 11:49 WIB
soroti-perubahan-iklim-jokowi-semua-negara-sudah-ngeri-bencana-yang-tak-ada-jadi-ada
Presiden Jokowi melakukan penanaman pohon mangrove bersama masyarakat di Pantai Wisata Raja Kecik, Desa Muntai Barat, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, Selasa (28/9/2021). (Sumber: istimewa)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo mengungkapkan kengeriannya ketika menyoroti perubahan iklim dalam Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) 2022, Rabu (23/2/2022).

Untuk menanggulangi risiko bencana dari perubahan iklim, Kepala Negara meminta BNPB untuk meningkatkan sejumlah infrastruktur yang dapat menanggulanginya.

"Kita tahu perubahan iklim dunia nanti arahnya akan semakin mengerikan," tuturnya dalam sambutan Rakornas BNPB 2022, Rabu.

Baca Juga: Laporan BNPB, 5.402 Bencana Terjadi dan 728 Orang Meninggal Selama 2021

"Semua negara juga sudah ngeri dan sudah mengalami bencana yang sebelumnya tidak ada kemudian ada karena perubahan iklim," kata Jokowi.

Presiden dengan tegas meminta menambah berbagai vegatasi yang dapat menghambat ombak tsunami hingga taifun atau badai di pasir pantai.

"Untuk mengurangi risiko bencana harus terus ditingkatkan, dilakukan bersama-sama antara pemerintah dan masyarakat," ujarnya.

Baca Juga: Jokowi Tegaskan Perizinan Usaha Harus Mempertimbangkan Risiko bencana

Jokowi melanjutkan dengan menyebut beberapa vegetasi penghambat ombak seperti mangrove, tanaman asosiasi seperti nipah, kasuarina, cemara pantai, ketapang, nyamplung, hingga kelapa untuk segera ditanam.

"Ini harus banyak-banyak kita tanam di daerah pesisir pantai yang banyak bencana tsunami atau taifun. Harus terus ditambah," tuturnya.

Dia juga mengingatkan agar instrumen-instrumen evakuasi seperti jalur atau peringatan dini harus terus disiagakan.

Baca Juga: Indonesia Rawan Bencana, Jokowi Minta Antisipasi Penanggulangan Dilakukan Penuh Komitmen

"Ini yang sering kita tidak disiplin, cek secara rutin, saya tahu tidak semua pengadaan alat ini oleh BNPB. Saya minta BNPB ikut terlibat dan mengingatkan kementerian terkait," kata Jokowi.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x