Kompas TV nasional politik

Survei Litbang Kompas: Elektabilitas Prabowo, Ganjar, dan Anies Semakin Meninggalkan Calon Lain

Kompas.tv - 23 Februari 2022, 11:50 WIB
survei-litbang-kompas-elektabilitas-prabowo-ganjar-dan-anies-semakin-meninggalkan-calon-lain
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Sumber: kompas.id)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Nama Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo serta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan makin meninggalkan para calon lainnya yang turut meramaikan bursa calon presiden (Capres) 2024. 

Hal ini seperti didapat dari hasil Survei Kepemimpinan Nasional Kompas periode Januari 2022 yang menunjukkan ketiga nama itu sebagai tiga tokoh teratas yang dirujuk publik untuk menjadi calon presiden.

Mengutip Kompas.id, potensi ketiga tokoh tersebut untuk dipilih semakin besar karena elektabilitasnya naik meninggalkan tokoh lainnya.

Berdasarkan hasil survei yang diselenggarakan Litbang KOMPAS pada 17-30 Januari 2022 menunjukkan masyarakat akan memilih Prabowo 26,5 persen, Ganjar 20,5 persen, dan Anies 14,2 persen. Dengan catatan, jika pemilu diselenggarakan pada saat survei dilakukan.

Sebagai informasi, survei dilakukan Kompas melalui wawancara tatap muka terhadap 1.200 responden yang dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 34 provinsi Indonesia.

Baca Juga: Survei Litbang Kompas Catat 38,8 Persen Suara Tidak Pilih Prabowo, Ganjar, Anies: Peluang Tokoh Lain

Untuk survei kali ini, margin of error penelitiannya adalah +/- 2,8 persen sehingga dapat dikatakan ada perbedaan potensi keterpilihan yang cukup signifikan di antara ketiga tokoh tersebut.

Kendati perolehan elektabilitas ketiga tokoh tersebut melonjak drastis pada survei Januari 2022.

Tapi, elektabilitas Prabowo saat ini masih jauh dari suara yang diraihnya saat berpasangan dengan Sandiaga Uno dalam Pemilu Presiden 2019.

Ketika itu, Prabowo-Sandi memperoleh suara 44,5 persen.

Sementara Ganjar, yang juga mengalami kenaikan elektabilitas dari 13,9 persen pada Oktober 2021 menjadi 20,5 persen pada Januari 2022, posisinya masih di bawah Prabowo.




Sumber : Kompas.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x