Kompas TV video sinau

Fakta Menarik Thai Tea, yang Kaya Rempah

Kompas.tv - 22 Februari 2022, 20:30 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV- Oleh masyarakat lokal Thailand  teh ini disebut dengan cha yen. Thai tea juga sangat populer di Asia Tenggara.

Pada  awalnya yang membuat terkenal adalah para influencer atau food vlogger  yang mengulas minuman yang kaya rempah ini.

Rasanya unik, antara asam, manis, pahit menjadi satu. Bahan dasar thai tea adalah teh Ceylon, yang banyak tumbuh di daerah Bai Miang, Thailand.

Warnanya yang cerah sungguh menarik perhatian, berbeda dengan teh pada umumnya yang berwarna coklat tua atau hijau.

Menyadur berbagai sumber , minuman teh diperkenalkan ke Thailand, saat masa pemerintahan Raja Rama IV dan Raja Rama V di awal abad 19.

Thailand memang terkenal dengan kuliner yang kaya akan rempah, seperti sop udang, dan tom yum. Pada jenis minumannya juga tak luput dari sentuhan rempah-rempah.

Segelas thai tea mengandung rempah yaitu, kayu manis dan adas manis, ini yang membuat sensasi segar  ketika diminum.

Untuk mendapatkan hasil terbaik, ketika membuat teh ini, diseduh selama tujuh sampai delapan menit. kenapa harus selama itu? karena teh Thailand harus menghasilkan aroma yang kuat.

Selanjutnya untuk rasa yang lebih mantap, racikan thai tea dilengkapi dengan susu kental manis. Susu kental manis dipilih karena dinilai lebih kaya rasa ketimbang susu bubuk.

Baca Juga: Minuman Ini Tertulis Ratusan Tahun Lalu dalam Kitab Suci, Khasiatnya Juga Banyak

Editor video & grafis: Joshua Victor 

 



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x