Kompas TV nasional berita utama

Pesan Jokowi untuk Basarnas: Tidak Boleh Ketinggalan Teknologi, Harus Cepat Beradaptasi

Kompas.tv - 21 Februari 2022, 11:05 WIB
pesan-jokowi-untuk-basarnas-tidak-boleh-ketinggalan-teknologi-harus-cepat-beradaptasi
Presiden Jokowi dalam sambutannya pada ulang tahun ke-50 Badan Nasional Pencarian Dan Pertolongan (Basarnas) di Istana Negara, Senin (21/2/2022). (Sumber: Tangkapan Layar Youtube Setpres/ninuk)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo mengatakan Basarnas tidak boleh ketinggalan dalam teknologi.

Sebab, Basarnas harus segera hadir secara cepat memberikan pertolongan bagi keselamatan jiwa.

Demikian Presiden Jokowi dalam sambutannya pada ulang tahun ke-50 Badan Nasional Pencarian Dan Pertolongan (Basarnas) di Istana Negara, Senin (21/2/2022).

“Pertama perbanyak inovasi dengan memanfaatkan teknologi, ini wajib, teknologi SAR Sudah berkembang dengan cepat dan semakin canggih yang bisa membantu memproyeksi dan menganalisa secara cepat, akurat, dan dengan penanganan yang lebih tepat akan lebih efektif agar dapat kita menyelamatkan banyak korban,” ucap Presiden Jokowi.

“Karena itu Basarnas tidak boleh ketinggalan," kata dia. "Saya ulang Basarnas tidak boleh ketinggalan dalam hal teknologi, harus cepat beradaptasi dengan perkembangan teknologi SAR yang terkini."

Baca Juga: Sepanjang 2021, Basarnas Melakukan Operasi Pencarian dan Pertolongan 2.264 Kejadian

Selain itu, Presiden Jokowi meminta Basarnas untuk terus meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM)

“SDM SAR harus memiliki kompetensi keahlian yang relevan dengan kebutuhan situasi hari ini dan pastikan keselamatan tim SAR yang sedang bekerja,” ujarnya.

Presiden Jokowi juga berpesan kepada Basarnas untuk memperkuat sinergi dan kolaborasi kerja cara kerja terpadu dengan melibatkan kementerian, lembaga pemerintah, TNI-Polti, dan badan usaha, organisasi kemasyarakatan dan potensi SAR lainnya.

“Libatkan seluruh elemen masyarakat semua potensi dan buang jauh yang namanya ego sectoral, buang jauh-jauh yang namanya ego sectoral, semua harus bersinergi dalam operasi kemanusiaan,” tegas Presiden Jokowi.

Di samping itu, Presiden Jokowi juga menekankan kepada Basarnas untuk memperkuat pencegahan mitigasi dan antisipasi. Termasuk yang juga sangat penting, katanya, melakukan edukasi pelatihan-pelatihan teknik SAR kepada masyarakat.

Baca Juga: Survei Litbang Kompas: 73,9 Persen Masyarakat Puas Kinerja Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf

“Kita harus membangun kesadaran agar masyarakat semakin peduli dan sigap melakukan upaya preventif terutama di daerah-daerah yang rawan bencana dan kawasan kedaruratan agar terbangun budaya SAR dan masyarakat tangguh kedaruratan,” katanya.

Selain itu, Jokowi pun berharap Basarnas dalam Rakernas bis amelahirkan gagasan-gagasan yang inovatif.

“Yang implementasi terobosan-terobosan penting untuk meningkatkan pelayanan Basarnas pada masa yang akan datang,” ujarnya.

Sebab, kata Jokowi, Indonesia merupakan negara dengan memiliki risiko tinggi bencana dan kedaruratan kecelakaan bencana alam.

“Tantangan kita menghadapi situasi Kedaruratan akan semakin besar, tetapi dalam situasi apapun pelayanan SAR harus sigap dan cepat untuk menyelamatkan setiap jiwa manusia di manapun, dalam situasi apapun, setiap jiwa harus diselamatkan dari risiko bencana dan kedaruratan lainnya,” ucapnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x