Kompas TV video vod

Pasukan Khusus Tentara Meksiko Temukan Banyak Ranjau yang Ditanam Kartel di Kota Aguililla Michoacan

Kompas.tv - 20 Februari 2022, 14:49 WIB
Penulis : Edwin Zhan

MEKSIKO, KOMPAS.TV - Pasukan Khusus Tentara Meksiko yang dilengkapi dengan detektor logam dan penjinak bom, dikerahkan ke negara bagian Michoacan, tempat di mana kartel narkoba menanam ranjau darat atau alat peledak rakitan.

Pasukan mengatakan, mereka telah menemukan lusinan ranjau atau peledak di sepanjang jalan pedesaan dan ladang di daerah sekitar Kota Aguililla.

Ranjau memakan korban sipil pertama minggu lalu, ketika seorang petani menabrak satu ranjau dengan truk; putranya terluka dalam ledakan itu.

Pasukan tentara Meksiko meluncur ke Aguililla, sebuah kota yang lama didominasi oleh kartel Jalisco untuk pertama kalinya dalam beberapa bulan.

Negara bagian Michoacan didambakan oleh kartel narkoba karena pelabuhan dan rute penyelundupannya, serta kesempatan untuk memeras uang dari petani alpukat dan jeruk nipis negara bagian itu.

Kartel sudah menggunakan parit, kotak obat, mobil lapis baja buatan sendiri dan drone yang dimodifikasi untuk menjatuhkan bom kecil, dalam perjuangan mereka untuk menguasai Michoacan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x