Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

DPR Gelar Rapat Gabungan Bahas Minyak Goreng, Ketidakhadiran Mendag Lutfi Dinilai Mengecewakan

Kompas.tv - 18 Februari 2022, 07:13 WIB
dpr-gelar-rapat-gabungan-bahas-minyak-goreng-ketidakhadiran-mendag-lutfi-dinilai-mengecewakan
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi (keempat kanan) berbincang dengan pedagang saat sidak di Pasar Terong, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (17/2/2022). Sidak tersebut guna meninjau ketersediaan pasokan dan harga kebutuhan pokok di pasaran. (Sumber: Antara )
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel menyayangkan sikap Menteri Perdagangan M Lutfi, yang tidak menghadiri rapat gabungan bersama DPR RI, Kamis (17/2/2022).

Rapat itu sedianya akan membahas kenaikan harga bahan-bahan pokok dan kelangkaan pasokan minyak goreng dan gula. Padahal, rekan-rekan sesama menteri lainnya sudah hadir bersama pimpinan DPR.

Mereka yang hadir adalah Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, dan Menteri ESDM Arifin Tasrif.

Sedangkan dari pihak DPR ada Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel, Ketua Komisi IV Sudin, Wakil Ketua Komisi VI Martin Manurung, dan Ketua Komisi VII Sugeng Suparwoto.

Baca Juga: Sengkarut Minyak Goreng: Antara Janji Menteri dan Kekhawatir Minyak Goreng Palsu

“Rapat kita undur karena Menteri Perdagangan tidak hadir padahal menteri-menteri yang lain sudah hadir semua dan mereka juga ada acara dan membatalkannya hanya untuk hadir di rapat yang sangat penting ini karena menyangkut hajat hidup rakyat Indonesia," kata Gobel dalam keterangan tertulisnya, dikutip Jumat (18/2/2022).

"Tentu sikap menteri perdagangan ini mengecewakan dan kami sesalkan,” tambahnya.

Gobel menyampaikan, belakangan harga bahan pokok yang menjadi hajat hidup rakyat banyak terus naik. Selain minyak goreng dan gula, ada juga telur ayam, daging ayam, bawang putih, dan lain-lain. Hal itu terjadi sejak 2021 dan berlanjut hingga kini.

Belum lagi naiknya harga kedelai impor yang membuat harga tahu tempe naik dan para pedagang mengancam mogok berjualan.

Baca Juga: Warga Bawa KTP untuk Dapat Minyak Goreng Murah



Sumber :



BERITA LAINNYA



Close Ads x