Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Tips Makan Hemat untuk Para Perantau dan Anak Kos

Kompas.tv - 18 Februari 2022, 06:40 WIB
tips-makan-hemat-untuk-para-perantau-dan-anak-kos
Ilustrasi - Tips dalam menyiasati pengeluaran konsumsi agar bisa hemat bagi perantau. (Sumber: Kompas.com/Shutterstock)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Hariyanto Kurniawan

SOLO,  KOMPAS.TV –  Saat hidup merantau, baik itu dalam rangka pendidikan atau bekerja tak bisa lepas dari kebutuhan makan. Tak jarang, hidup hemat menjadi salah satu tantangan para perantau agar biaya pengeluaran cukup tiap bulannya.

Para perantau kerap menyiasatinya dengan mengonsumsi produk makanan instan yang enteng di kantong dan mengenyangkan, terlebih ketika dana bulanan mulai menipis.

Untuk itu, ada beberapa tips dalam menyiasati pengeluaran konsumsi agar bisa hemat bagi perantau yang dibagikan Freshbox lewat siaran persnya, Kamis (17/2/2022).

  • Buat rencana makan

Salah satu cara untuk pengeluaran lebih efektif adalah dengan membuat rencana makan atau meal plan selama rentang waktu tertentu. Rencana makan ini akan membantu dalam menentukan bahan makanan yang dibutuhkan sesuai dengan takarannya tanpa berakhir mubazir.

Selain itu, dengan menyusun meal plan yang sesuai dengan kebutuhan, kamu bisa menghindari pembelian bahan-bahan dapur yang berlebihan. Rencana makan yang disusun secara lengkap pun akan memudahkanmu dalam mengetahui nutrisi apa saja yang akan dikonsumsi selama kurun waktu tertentu.

Baca Juga: Andalan Anak Kos, Bolehkah Makan Mie Instan Mentah?

  • Cari diskon

Mencari diskon di berbagai platform e-commerce tentang bahan makanan. Apalagi di era digital ini tentu lebih mudah dan banyak toko online yang menawarkan diskon pada produk makanannya.

Bisa juga mencari promosi di supermarket yang khusus menjual produk-produk dengan harga yang sudah dipangkas. Dengan memanfaatkan promosi, kamu tetap bisa mendapatkan produk berkualitas dengan harga lebih terjangkau.

  • Mulai belajar masak sendiri

Memasak bisa menjadi salah satu solusi yang dilakukan untuk menghemat pengeluaran. Selain menekan bujet membeli makanan siap saji, saat memasak sendiri kamu justru bisa memilih kualitas dan kebersihan bahan makanan yang dikonsumsi.

Tidak perlu menu yang sulit, kamu bisa mulai memasak menu sederhana dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Carilah resep masakan sederhana dan tidak memerlukan banyak peralatan dapur, misalnya tumis-tumisasn, nasi goreng, sop, dan sejenisnya.

  • Patungan dengan teman

Terkadang, membeli kebutuhan pokok atau bahan masakan dalam jumlah banyak akan jauh lebih murah dibandingkan dengan harga satuan. Ajaklah teman, sahabat, atau bahkan tetangga kos untuk berbelanja bahan masakan bersama.

Selain lebih murah, kamu juga bisa menjalin silaturahmi lebih dalam lagi melalui kegiatan memasak bersama sebagai ajang quality time. Cara ini pun akan menghindarkanmu dari kemungkinan membuang bahan masakan karena ada lebih banyak orang yang mengonsumsinya.

Baca Juga: Anak Kos Wajib Tahu! Simpan Beras dengan Bumbu Dapur Ini, Dijamin Bebas Kutu dan Awet Berbulan-bulan

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x