Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Mendagri Tito Dorong Pemda di Sekitar IKN Nusantara Buat Terobosan yang Bisa Undang Investor

Kompas.tv - 17 Februari 2022, 23:13 WIB
mendagri-tito-dorong-pemda-di-sekitar-ikn-nusantara-buat-terobosan-yang-bisa-undang-investor
Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian. (Sumber: Dok. Kemendagri)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pembangunan Ibu Kota Negara baru di Kalimantan Timur membuat peluang pertumbuhan ekonomi di daerah sekitarnya semakin terbuka.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta agar pemerintah daerah di sekitar Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara bisa memanfaatkan pembangunan IKN untuk menarik investor.

Menurut Tito memanfaatkan momentum pembangunan IKN ini bisa dimasukkan dalam rencana pembangunan jangka pendek sedang menegah ataupun panjang yang sesuai dengan kebutuhan daerah di sekitar IKN Nusantara.

Baca Juga: Tito Karnavian: 2024 Siapa Pun Presidennya Kita Harapkan Pendukung IKN

Semisal membangun daerah strategis di Penajam Paser Utara yang diisi sentra bisnis serta hiburan. 

"Contoh, membangun enclave di Penajam Paser Utara, di situ one stop service ada restoran, ada mal, ada tempat penginapan yang menarik, ramah lingkungan, sehingga orang yang mau ke IKN dia ke sana," ujar Mendagri Tito, Kamis (17/2/2022). Dikutip dari Antara.

Tito menambahkan pemerintah pusat bakal membangun infrastruktur membantu daerah sekitar IKN Nusantara untuk mengembangkan potensi yang ada untuk menarik para investor.

Bantuan infrastruktur dari pemerintah pusat seperti dukungan penyediaan jaringan listrik, infrastruktur jalan, dan kebutuhan lainnya. 

Baca Juga: Tito Karnavian Terbitkan Inmendagri Terbaru soal PPKM, Berlaku Hari Ini, Begini Perubahan Aturannya

Dengan adanya bantuan infrastruktur tersebut, pemerintah daerah di sekitar IKN Nusantara diharapkan bisa menggagas program yang dapat menarik minat para investor.




Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x