Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Didampingi Luhut dan Sri Mulyani, Jokowi Bertemu Pimpinan Bank Dunia

Kompas.tv - 16 Februari 2022, 19:27 WIB
didampingi-luhut-dan-sri-mulyani-jokowi-bertemu-pimpinan-bank-dunia
Presiden Jokowi bersama Menkeu Sri Mulyani dan Menko Marvel Luhut Binsar Pandjaitan menemui pimpinan Bank Dunia di Istana Merdeka, Jakarta (16/2/2022). (Sumber: Sekretariat Presiden )
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo menerima sejumlah pimpinan Bank Dunia di Istana Merdeka, Jakarta, pada Rabu (16/2/2022).

Mereka adalah Axel Van Trotsenburg selaku Managing Director of Operations, Manuela V. Ferro selaku Vice President East Asia and Pasific Region, serta Satu Kahkonen selaku Country Director Indonesia.

Sedangkan Presiden Jokowi didampingi Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. 

Pertemuan membahas beberapa hal penting seperti Presidensi G20 Indonesia, transisi energi, lingkungan, penanganan pandemi Covid-19, hingga isu-isu kawasan.

"Area yang dibicarakan tadi sedikit mengenai Covid, kemudian tadi mengenai energy transition mechanism, terus kemudian juga tadi bicara menyangkut masalah mangrove, bicara tadi ibu kota, sangat luas pembicaraan tadi, dan juga bicara mengenai sampai pada Myanmar juga," kata Luhut usai pertemuan seperti dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Baca Juga: Ini Konsep Travel Bubble Bagi Delegasi Peserta G20: Karantina tapi Ada Hiburan

Sri Mulyani menambahkan, Bank Dunia memberikan dukungannya terhadap agenda-agenda G20 di Indonesia.

"Banyak negara yang masih tertinggal dan itu tentu perlu mendapatkan perhatian agar tema Indonesia 'Recover Together, Recover Stronger' itu bisa betul-betul terjadi," ujar Sri Mulyani. 

Dengan kepemimpinan Indonesia dan melalui dukungan dari G20, serta lembaga-lembaga internasional, bisa memberikan perhatian kepada negara-negara yang masih belum bisa pulih ari dampak pandemi. 

"Karena akses vaksinnya kurang, karena juga dari sisi tantangan ekonomi di dalam negeri dari negara-negara yang berpendapatan rendah, itu menjadi suatu tantangan yang luar biasa. Jadi ini adalah salah satu pembahasan untuk G20, Bank Dunia akan mendukung dan tentu kepemimpinan Indonesia penting," jelasnya. 

Baca Juga: Jokowi Lepas Ekspor 2 Juta Unit Mobil Perdana Rakitan Indonesia ke Australia!

Dalam perbincangan presiden dengan pimpinan Bank Dunia, juga dibahas mengenai bagaimana Indonesia bisa menjadi contoh penerapan transisi energi, komitmen untuk melaksanakan Komitmen Paris, hingga menurunkan karbon sesuai dengan nationally determined contribution (NDC) Indonesia.

Namun, untuk mencapai ambisi net zero emission di dunia, Indonesia memerlukan dukungan internasional terutama dalam hal pendanaan dan kerangka kebijakan. 

"Tadi Presiden menekankan bahwa komitmen Indonesia sangat kuat dan Indonesia tidak mau bicara saja, kita mau melakukan. Namun, untuk bisa melakukan tentu financing itu menjadi sangat penting," ucap Sri Mulyani. 

Baca Juga: Indonesia Dapat Pinjaman Rp2,13 T Dari ADB Untuk Bangun Infrastruktur

Selanjutnya, pembicaraan juga membahas mengenai ketahanan pangan dunia. Menurut Menteri Keuangan, Presiden Joko Widodo menyampaikan perhatiannya mengenai tren kenaikan harga pangan dunia yang bisa mengancam pemulihan ekonomi dunia. 

"Bapak Presiden sangat ingin bahwa pemulihan ekonomi dunia itu tidak terdisrupsi karena kenaikan harga, terutama harga pangan, yang tentu akan sangat membebani masyarakat. Oleh karena itu, perlu suatu kesepakatan global mengenai hal itu," tutur Sri Mulyani. 



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x