Kompas TV internasional kompas dunia

Enam Bulan Taliban Berkuasa, Afghanistan Makin Aman, namun Tambah Miskin dan Masa Depan Kian Suram

Kompas.tv - 16 Februari 2022, 03:45 WIB
enam-bulan-taliban-berkuasa-afghanistan-makin-aman-namun-tambah-miskin-dan-masa-depan-kian-suram
Ilustrasi. Seorang bocah penjual makanan di Kabul, Afghanistan pada Jumat (11/2/2022). Pada Senin (14/2/2022), Pakistan dilaporkan mengizinkan India mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Afghanistan melalui wilayahnya. (Sumber: Hussein Malla/Associated Press)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

KABUL, KOMPAS.TV - Setelah enam bulan pemerintahan Taliban, Afghanistan merasa lebih aman, tidak terlalu keras dibandingkan dalam beberapa dasawarsa lalu. Namun ekonomi yang dulunya dimotori bantuan asing sedang menuju keruntuhan, seperti dilaporkan Associated Press, Selasa (16/2/2022).

Puluhan ribu warga Afghanistan melarikan diri atau dievakuasi, termasuk sejumlah besar kaum elite berpendidikan.

Mereka takut akan masa depan ekonomi mereka atau kurangnya kebebasan di bawah Taliban, kelompok yang memberlakukan interpretasi Islam yang ketat dan saat memerintah sebelumnya di akhir 1990-an, melarang anak perempuan bersekolah dan melarang perempuan bekerja mencari nafkah.

Selasa, 16 Februari 2022 menandai enam bulan sejak ibu kota Afghanistan, Kabul, diserahkan kepada Taliban dengan kaburnya presiden Afghanistan yang didukung Amerika Serikat itu.

Pengambilalihan Kabul didahului oleh kampanye militer Taliban selama berbulan-bulan untuk menguasai wilayah provinsi, banyak di antaranya jatuh tanpa perlawanan.

Saat ini, pemandangan pejuang Taliban bersenjata yang berkeliaran di jalan masih membuat warga ketakutan.

Tetapi perempuan telah kembali ke jalan, dan banyak lelaki muda mengenakan pakaian Barat lagi setelah awalnya memilih berbusana shalwar kameez tradisional, kemeja panjang dan celana longgar yang disukai oleh Taliban.

Tidak seperti era 1990-an, Taliban mengizinkan beberapa kalangan perempuan untuk bekerja.

Baca Juga: Abaikan Rivalitas demi Kemanusiaan, Pakistan Izinkan India Kirim 50.000 Ton Gandum ke Afghanistan

Fatima memangku anaknya yang berusia 4 tahun di permukiman dekat Herat, Afghanistan. Anak Fatima terkena malnutrisi akut. Menurut PBB, jutaan anak Afghanistan terancam malnutrisi akut karena krisis ekonomi. (Sumber: Mstyslav Chernov/Associated Press)

Kaum perempuan beberapa kembali ke pekerjaan mereka di Kementerian Kesehatan dan Pendidikan, serta di bandara Internasional Kabul, sering kali bekerja bersebelahan dengan laki-laki.

Tapi perempuan masih menunggu untuk kembali bekerja di kementerian lain. Ribuan pekerjaan hilang dalam kemerosotan ekonomi yang parah dan kaum perempuanlah yang paling terpukul.

Taliban menindak unjuk rasa perempuan, melecehkan wartawan, termasuk menahan sebentar dua wartawan asing yang bekerja dengan badan pengungsi PBB, UNHCR, pekan lalu.

Senin (14/2/2022), penahanan beberapa laki-laki muda yang menjual bunga berbentuk hati bertepatan dengan Hari Valentine adalah pengingat yang jelas bahwa pemerintahan Afghanistan baru yang berdasarkan agama dan seluruhnya diisi laki-laki itu, tidak memiliki toleransi terhadap ide-ide romansa Barat.



Sumber : Kompas TV/Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x