Kompas TV nasional kesehatan

Catat, Ini Perbedaan Gejala Omicron Pada Orang yang Belum dan Sudah Vaksin

Kompas.tv - 15 Februari 2022, 15:51 WIB
catat-ini-perbedaan-gejala-omicron-pada-orang-yang-belum-dan-sudah-vaksin
Ilustrasi perbedaan gejala Omicron orang yang belum vaksin dan sudah divaksin. (Sumber: Pixabay)
Penulis : Dian Nita | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ahli menyebut orang yang sudah divaksinasi lengkap memiliki gejala Omicron yang berbeda dibanding yang sama sekali belum divaksin.

Tak sedikit yang menyebut, gejala Omicron akan lebih ringan pada orang yang sudah divaksin daripada yang tidak divaksin.

Melansir New York Times, Selasa (15/2/2022), Maya Clark-Cutaia, RN, MSN, PhD, asisten profesor di New York University Meyers College of Nursing telah mengobservasi gejala pasien Covid-19 selama pandemi.

Dalam observasi tersebut, pasien yang sudah divaksinasi lengkap cenderung memiliki gejala Omicron seperti sakit kepala, hidung tersumbat dan nyeri sinus.

Sementara itu, gejala Omicron untuk yang tidak divaksinasi lebih seperti mengalami sesak napas, batuk dan gejala lain yang mirip dengan flu.

Baca Juga: Waspada, Ini Ciri-ciri Gejala Omicron bagi Orang yang Sudah Divaksin Lengkap

Penuturan tersebut sama dengan pasien yang berada di Pennsylvanias saat memberi kesaksikan kepada dr. Clark-Cutaia.

"Pasien Omicron yang divaksinasi mengeluh sakit kepala, nyeri tubuh dan demam seperti pilek yang sangat parah," ujar dr Clark-Cutia.

"Orang yang tidak divaksinasi memiliki gejala sesak napas, batuk, dan flu yang sama seperti yang dia lihat di antara orang yang tidak divaksinasi dengan vaksin pertama dan kedua," lanjutnya.

Ungkapan senada juga dikatakan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Ia menyebut ada tiga kriteria orang yang mengalami gejala berat Omicron.



Sumber : New York Times, sehatnegeriku.kemkes.go.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x