Kompas TV regional berita daerah

Warga Binaan Lapas Gorontalo Produksi Vas Bunga Bonsai Kelapa Dari Bahan Bekas

Kompas.tv - 15 Februari 2022, 15:19 WIB
Penulis : KompasTV Gorontalo

KOTA GORONTALO, KOMPAS TV - Meski dibalik tembok lapas kelas II A Gorontalo, tak membuat  warga binaan putus asa untuk tetap berpenghasilan.

Seperti yang dilakukan oleh 3 warga binaan di lapas kelas II A Gorontalo, ditengah keterbatasan aktivitas warga binaan mampu berkreasi untuk menciptakan vas bunga bonsai kelapa.

Pembuatan vas bunga bonsai kelapa, para warga binaan menggunakan bahan bekas yang didapat di dalam lapas, meski terlihat sederhana proses pembuatan satu buah vas bunga ini, para warga binaan harus menghabiskan waktu selama satu jam.

Untuk menambah estetika, vas bunga bonsai kelapa juga dimanfaatkan menjadi akuarium mini yang diisi dengan ikan hias ukuran kecil.

4 bulan memproduksi, vas bunga bonsai kelapa karya warga binaan mulai banjir pesanan, satu vas bunga bonsai kelapa dihargai 150 ribu rupiah hingga 1 juta rupiah sesuai dengan bentuk dan ukuran.

Kreativitas warga binaan ini merupakan hasil bimbingan dari lapas kelas II A Gorontalo untuk mengasah bakat dan minat dari warga binaan.

Hal ini dilakukan agar warga binaan yang bebas dari lapas Gorontalo bisa menciptakan lapangan kerja dan tidak mengulang tindak pidana di tengah masyarakat. Ungkap sabruddin Kasi Kegiatan Kerja Lapas Kelas II A Gorontalo.

Selain membuat vas bunga bonsai kelapa, lapas kelas II A Gorontalo juga membuka barbershop, warung kopi dan percetakan kaos yang semuanya dikelola oleh warga binaan.

 

#wargabinaan  #lapasgorontalo  #gorontalo




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x