Kompas TV bbc bbc indonesia

Ritual Pantai Payangan, "Saya Sempat Berdiri dan Lari, tapi Datang Lagi Ombak Kedua"

Kompas.tv - 14 Februari 2022, 22:50 WIB
ritual-pantai-payangan-saya-sempat-berdiri-dan-lari-tapi-datang-lagi-ombak-kedua
Tim gabungan yang melakukan proses pencarian dan evakuasi korban tenggelam di Pantai Payangan, Jember, Jawa Timur, Minggu (13/2/2022). (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Edy A. Putra

Ritual sekelompok orang di Pantai Payangan, Jember, Jawa Timur menelan 11 korban jiwa karena tergulung ombak.

Seorang penyintas bercerita bagaimana ia lolos dari hempasan ombak besar, dan mengaku "melihat ada teman yang minta tolong" tapi tak bisa melakukan apa-apa karena suasana gelap.

Peristiwa ini bukanlah yang pertama, karena terdapat ritual-ritual kepercayaan di pantai yang menyebabkan korban jiwa.

Para ilmuan mengatakan, ritual kepercayaan di pantai akan tetap ada dan harus dilestarikan sebagai bentuk kearifan lokal, tetapi perlu upaya mitigasi agar ke depannya "tidak perlu sampai menghilangkan nyawa".

Bayu bersama sekitar 20 orang merapatkan gandeng dengan siku. Mereka melangkah melawan ombak di bibir Pantai Payangan, Jawa Timur, Minggu dini hari (13/02).

Warga dari desa yang berjarak 35 km dari bibir pantai ini, melakukan "ritual untuk ketenangan diri".

Namun, ketenangan yang dicari justru berubah menjadi kepanikan saat ombak besar menghantam barisan mereka.

"Dua kali hantamnya," kata Bayu kepada wartawan Tutus Sugiarto yang melaporkan untuk BBC News Indonesia.

"Ombak yang pertama itu [saya] ikut hanyut, tapi saya cepat berdiri. Habis itu lari saya, lari menghindari itu semuanya, [baru] ombak yang kedua hantam," tambah Bayu.

Di tengah kepanikan, Bayu mendengar teriakan-teriakan meminta bantuan saat ombak menyeret lebih jauh. Tapi suasana saat itu gelap gulita, dan dia harus menghadapi peristiwa nahas itu tanpa bisa berbuat apa-apa, dan harus "nunggu pagi".

"Saya lihat ada teman saya yang minta tolong, tapi lari semua yang bisa, yang selamat itu ke pinggir," ungkap Budi.

Sebelas orang dinyatakan meninggal dalam peristiwa tersebut. Sementara, Bayu bersama 12 peserta lainnya selamat.

Ritual menenangkan diri

Kepolisian mengatakan ritual yang dijalankan ini dilakukan dengan pelbagai tujuan, seperti penyelesaian masalah keluarga, melancarkan usaha, dan mendapat pekerjaan.

"Kami belum bisa menyatakan secara pasti, namun, berdasarkan informasi yang ada di masyarakat, atau orang yang menyaksikan, disebutkan ritualnya adalah untuk menenangkan diri," kata Kapolres Jember, Hery Purnomo kepada media.

Dari hasil keterangan sejauh ini, polisi juga menyatakan para pelaku ritual sudah diberikan peringatan sebelumnya oleh warga setempat, terkait dengan cuaca buruk.

Deretan ritual berujung maut di pantai

Peristiwa ritual di pantai yang menelan korban jiwa bukan sekali terjadi. Berdasarkan pemberitaan sejumlah media terdapat peristiwa serupa di daerah lain.

Terakhir adalah kasus ibu dan anak yang terseret ombak saat melakukan Melukat di Pantai Biaung, Bali, pada Mei 2021. Melukat adalah upacara pembersihan pikiran dan jiwa dalam diri manusia.

Sebelumnya pada 2018 di Bali, tepatnya di Pantai Klotok diberitakan dua orang meninggal setelah melakukan menghanturkan sesaji wewantenan Guru Piduka. Pada 2017, tiga warga pengunjung meninggal tersapu ombak di Pantai Wotgalih, Jawa Timur saat merayakan kupatan.

Dan, tiga orang meninggal terseret ombak di Pantai Paseban, Jawa Timur saat melakukan ritual penyembuhan penyakit 2018 silam.

Akan terus ada tapi perlu upaya penanggulangan

M. Alie Humaedi, Profesor Riset bidang Kebudayaan dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengungkapkan pelaku ritual sulit lepas dari apa yang ia sebut "kesemestaan".

"Sedekah Laut, Nadranan, itu ritual yang seperti syarat ke gunung. Jadi, saya kira kejadian seperti ini akan terus ada, ketika memang masyarakat memiliki keyakinan atas ritual-ritual seperti itu. Itu sudah masuk ke dalam praktik kehidupan kepercayaan mereka," kata Prof Alie.

Saat ritual tersebut berlangsung, terdapat "nilai yang mereka yakini" adanya "transmisi kekuatan semesta yang lain ke dalam diri mereka."





Sumber : BBC


BERITA LAINNYA



Close Ads x