Kompas TV regional viral

Viral Awan Hitam seperti Ombak di Langit Pelabuhan Merak, Ini Penjelasan BMKG

Kompas.tv - 14 Februari 2022, 20:51 WIB
viral-awan-hitam-seperti-ombak-di-langit-pelabuhan-merak-ini-penjelasan-bmkg
Tangkapan layar video dari warga terkait awan yang membentuk formasi ombak di langit Pelabuhan Merak, Banten, Senin (14/2/2022). (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Edy A. Putra

CILEGON, KOMPAS.TV - Sebuah video yang memperlihatkan awan membentuk formasi seperti gelombang ombak menggegerkan warga dan viral di media sosial.

Awan berwarna hitam tersebut dilaporkan muncul di langit Pelabuhan Merak, Banten, Senin (14/2/2022) sekitar pukul 06.00 WIB.

Menanggapi kejadian tersebut Kasi Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Serang, Tarjono mengatakan, fenomena alam tersebut biasa terjadi, tetapi frekuensinya jarang.

Dia menjelaskan, awan dalam fenomena tersebut bernama awan Arcus. Awan itu kerap dijumpai di antara awan Cumolonimbus dan Cumulus.

Baca Juga: Ini Penjelasan PLN Soal Video Viral Isi Token Rp50.000 yang Tertera 3600

"Secara ilmiah dalam dunia meteorologi, awan tersebut dinamakan awan Arcus. Awan ini dapat dijumpai di antara awan Cumulonimbus dan Cumulus. Awan Arcus lazim terjadi," jelas Tarjono dikutip dari Kompas.com, Senin.

Awan itu terbentuk dari ketidakstabilan atmosfer di sepanjang masa udara yang lebih dingin dengan masa udara yang lebih hangat dan lembap.

Sehingga awan itu membentuk tipe horizontal dan memanjang seperti gelombang atau ombak.

Baca Juga: Viral Unggahan TikTok Konsumsi Matcha Sebabkan Kemandulan, Cek Langsung Penjelasan Dokter

"Pada awan ini berpotensi menimbulkan angin kencang, hujan lebat dan petir di sekitar pertumbuhan awan," ujar Tarjono.

Dia melanjutkan, kemunculan awan tersebut murni merupakan fenomena pembentukan awan yang terjadi akibat kondisi dinamika atmosfer.

Tarjono mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang karena fenomena tersebut tidak menyebabkan terjadinya bencana alam.




Sumber : Kompas.com/BMKG


BERITA LAINNYA



Close Ads x