Kompas TV nasional politik

Calon Anggota KPU Betty Yakin Terpilih karena Kompetensi, bukan Soal Kuota Perempuan

Kompas.tv - 14 Februari 2022, 15:28 WIB
calon-anggota-kpu-betty-yakin-terpilih-karena-kompetensi-bukan-soal-kuota-perempuan
Calon anggota KPU Betty Epsilon (Sumber: Tangkapan layar Youtube DPR RI.)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Calon anggota KPU Betty Epsilon Idroos menjadi salah satu calon komisioner KPU  perempuan. 

Saat menjalani fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan di Komisi II DPR, ia ditanyakan ihwal kompetensi dirinya ketika menjadi anggota KPU nanti. 

Anggota Komisi II DPR RI Agung Widyantoro menanyakan sikap Betty terkait kuota perempuan di anggota KPU periode 2022-2027. Betty ditanya apakah lebih senang terpilih karena kompetensi atau karena statusnya sebagai perempuan.

Baca Juga: Dimulai Hari Ini, Berikut Jadwal Fit and Proper Test Calon Anggota KPU dan Bawaslu

"Jika ibu terpilih mewakili gender ibu lebih senang karena basic kompetensi ibu atau ibu berharap mendapatkan kuota perempuan itu tolong dijawab tegas," kata Agung, Senin (14/2/2022). 

Merespon pertanyaan itu, Betty menyatakan ingin terpilih menjadi penyelenggara pemilu karena kompetensinya, bukan karena untuk memenuhi kuota perempuan di KPU. 

"Jika terpilih ingin mendapatkan kuota atau kompetensi pak Agung, saya rasa saya dua periode di KPU DKI Jakarta saya menilai diri saya alhamdulliah sukses menyelenggarakan Pemilu sejak 2014," kata Betty. 

Baca Juga: Calon Anggota KPU-Bawaslu Wajib Tes PCR Sebelum Uji Kelayakan dan Kepatutan di DPR

Ia menyebut, dirinya memiliki kompetensi sebagai calon anggota KPU, namun bila terpilih karena kuota perempuan itu hanya sebuah bonus yang diberikan oleh anggota Komisi II DPR. 

"Saya punya kompetensi insyallah tentu kalau pun mendapatkan kuota atas nama perempuan itu adalah bonus yang bisa didapatkan dari bapak ibu," ujarnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x