Kompas TV olahraga kompas sport

Sorotan Media Vietnam Usai Timnas Batal Tampil di AFF U-23: Perubahan Besar sedang Terjadi

Kompas.tv - 12 Februari 2022, 11:28 WIB
sorotan-media-vietnam-usai-timnas-batal-tampil-di-aff-u-23-perubahan-besar-sedang-terjadi
Media Vietnam soroti Timnas Indonesia U-23 yang batal ikut AFF U23 di Kamboja, sebut akan ada perubahan besar di turnamen itu (Sumber: Thao Tao 247/Kompas.com)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Tim Nasional (Timnas) Indonesia yang batal tampil pada ajang AFF U-23 di Kamboja 14-26 Februari langsung mendapatkan sorotan dari pelbagai media luar negeri. Salah satunya datang dari media Vietnam.

Media Vietnam The Thao 247 bahkan membuat judul besar terkait batal mundurnya timnas Indonesia yang merupakan juara bertahan AFF U-23 dua tahun lalu.

Waktu itu Garuda Muda berhasil membekuk tim tangguh Thailand 2-1 lewat gol Sani Rizki dan Osvaldo Hay.

Sebagaimana dilansir Kompas.com, Sabtu (12/2/2022), media Vietnam The Thao 247 memberikan judul artikel khusus dengan tajuk ‘PANAS, Sang Juara Bertahan Resmi Mundur, Vietnam Mengalami Perubahan Besar di Turnamen U23’.

Baca Juga: Media Vietnam Sorot 3 Pemain U-23 Pilihan Shin Tae-yong, Ada Apa?

Perubahan Besar, Peluang Vietnam Juara AFF U-23

Frasa ‘Perubahan Besar’ yang ditulis oleh media Vietnam tersebut adalah bentuk kegembiraan mengingat potensi Vietnam untuk jadi juara kelompok umur dalam sejarah AFF U-23.

"Dengan mundurnya Timnas Indonesia U-23 secara resmi, ini akan membuat Piala AFF U-23 2022 terpengaruh secara signifikan," tulis The Thao 247 

Absennya Indonesia di Piala AFF U-23 membuat Vietnam dan Thailand cenderung diunggulkan menjadi juara.  Akan tetapi, kejutan bisa saja terjadi karena Vietnam dan Thailand sama-sama tak akan menurunkan tim U-23 kali ini. 

Peluang Vietnam untuk mengunci gelar juara tinggi dan jadi yang pertama bagi mereka. Apalagi, mereka menurunkan tim muda di bawah U-23 karena turnamen ini berbarengan dengan Liga Vietnam. Klub-klub pun enggan melepas pemainnya untuk ikut ke AFF U-23. 

Baca Juga: Ketum PSSI: Hanya 7 Pemain Timnas U23 yang Sehat

Sebelumnya, baru Thailand dan Indonesia yang jadi juara AFF U-23. Thailand kali pertama juara pada tahun 2012 sedangkan Indonesia pada 2019 lalu.

Apalagi, kali ini anak asuh Shin Tae-yong jadi unggulan karena tampil impresif dengan para pemain muda di AFF 2020 di Singapura lalu yang notabene menampilkan para punggawa muda.

Para pemain muda yang kali ini juga bermain di AFF U-23 jika Indonesia tidak mundur seperti Rahmat Irianto, Alfeandra Dewangga, Rizki Ridho dan pemain muda terbaik turnamen, Pratama Arhan.

Namun, dengan berat hati, PSSI dan Shin Tae-yong akhirnya memutuskan untuk tidak ikut karena terkait banyaknya pemain yang kena Covid-19 dan cedera. 

Timnas U-23 pun harus merelakan gelar juara AFF jatuh ke negara lain yang hadir di Kamboja kali ini. Entah itu ke unggulan pertama Thailand, Singapura, Malaysia atau ke Vietnam yang begitu optimistis usai Timnas Indonesia mundur. 

Baca Juga: Resmi, Indonesia Gagal Pertahankan Gelar Juara AFF U23, Ada Apa?

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x