Kompas TV nasional peristiwa

Ini Spesifikasi Pistol Putih-Emas Hadiah Prabowo untuk Menhan Prancis, Buatan Pindad

Kompas.tv - 11 Februari 2022, 18:51 WIB
ini-spesifikasi-pistol-putih-emas-hadiah-prabowo-untuk-menhan-prancis-buatan-pindad
Pistol cendera mata dari Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto untuk Menteri Angkatan Bersenjata Prancis Florence Parly. (Sumber: Istimewa)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto memberikan cendera mata berupa pistol berwarna putih-emas kepada Menteri Angkatan Bersenjata Republik Prancis Florence Parly.

Cendera mata itu diberikan Prabowo usai Parly melakukan kunjungan kehormatan dan melakukan pertemuan bilateral di kantor Kemhan RI, Jakarta, Kamis (10/2/2022).

Dalam siaran pers dari Humas Setjen Kemhan disebut, cendera mata yang diberikan Prabowo kepada Parly itu adalah pistol G2 Elite. 

Pistol G2 Elite yang bertuliskan nama lengkap Parly tersebut diproduksi PT Pindad.

Dari gambar yang diterima KOMPAS.TV, pistol itu berwarna putih dengan sedikit baluran warna emas. Pistol itu diletakkan di dalam kotak kayu beralas kain beludru merah.

Dalam kotaknya ada plakat berwarna emas bertoreh tulisan: "De la part de Prabowo Subianto, Ministre de la Défense d’Indonésie". Dalam bahasa Indonesia berarti: "Dari Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto".

Baca Juga: Penampakan Pistol Hadiah dari Menhan Prabowo untuk Menteri Angkatan Bersenjata Prancis

Spesifikasi Pistol

Dalam situs PT Pindad disebutkan, pistol hadiah Prabowo pada Parly itu memiliki kaliber 9 x 19 mm parabellum.

Ia memiliki magazine alias magasin yang mampu menampung 15 butir peluru.

Pistol tersebut memiliki keunggulan berupa pisir belakang yang bersifat adjustable

Dengan panjang laras 5 inchi, akurasi yang dihasilkan tidak dapat diragukan.

Selain pistol, Prabowo juga memberikan syal batik yang tampak langsung dikenakan oleh Parly. 

Sebelum pertukaran cendera mata, Menteri Parly terlihat mengenakan syal beraksen putih dan biru. Kemudian Parly mengganti syal yang diberikan Prabowo, yaitu syal batik beraksen cokelat dan biru tua.

Baca Juga: Menhan Prabowo Beli Pesawat Tempur Prancis, Komisi 1: Jangan Sampai Terjerembab Utang Besar

Pertemuan Prabowo dengan Menteri Angkatan Bersenjata Prancis

Pertemuan pada Kamis (10/2/2022) itu diakhiri dengan penandatanganan beberapa kesepakatan yang disaksikan langsung oleh menteri pertahanan kedua negara. 

Kesepakatan tersebut antara lain kontrak pembelian enam pesawat tempur Rafale antara Kabaranahan Kemhan dengan Dassault, sebagai awal dari kontrak yang lebih besar untuk 42 pesawat tempur Rafale.
 
MoU kerja sama di bidang research and development kapal selam antara PT PAL dengan Naval Grup, MoU kerja sama program offset dan ToT antara Dassault dan PT DI, MoU kerja sama di bidang telekomunikasi antara PT LEN dan Thales Group, dan kerja sama pembuatan munisi kaliber besar antara PT Pindad dan Nexter Munition.

Sebelumnya, dalam pertemuan Prabowo dan Parly pada Januari 2020, Prabowo memberikan sebilah senjata tradisional khas Jawa yakni keris untuk Parly sebagai tanda kenang-kenangan.

Baca Juga: Kerja Sama Pertahanan, Prabowo: 300 Militer Indonesia telah Menyelesaikan Pendidikan di Prancis

 




Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x