Kompas TV nasional kesehatan

356 Orang Meninggal Sejak Kemunculan Omicron: Didominasi Lansia, Komorbid, dan Belum Vaksin Lengkap

Kompas.tv - 7 Februari 2022, 21:32 WIB
356-orang-meninggal-sejak-kemunculan-omicron-didominasi-lansia-komorbid-dan-belum-vaksin-lengkap
Ilustrasi Covid-19 varian omicron. Sejak awal gelombang Omicron, mayoritas kasus meninggal terkait Covid-19 didominasi oleh kategori lanjut usia (lansia), komorbid, dan pasien yang belum divaksin. (Sumber: Shutterstock/angellodeco/Kompas.com)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Tren kasus Covid-19 di Indonesia mulai naik seiring persebaran varian Omicron. Angka kasus Covid-19 dan rawat inap meningkat dua pekan belakangan.

Menurut data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, sejak awal gelombang Omicron, tercatat ada 356 pasien meninggal terkait Covid-19.

Pada Senin (7/2/2022), Kemenkes memaparkan bahwa mayoritas kasus meninggal didominasi oleh kategori lanjut usia (lansia), komorbid, dan pasien yang belum divaksin.

Data Kemenkes menyebut sebanyak 42 persen dari total pasien meninggal berstatus memiliki komorbid. Komorbid terbanyak yang diidap pasien meninggal adalah diabetes melitus.

Sementara itu, sebanyak 44 persen dari total pasien meninggal tergolong sebagai lansia. Sebanyak 76 persen di antaranya berusia 45 tahun ke atas.

Baca Juga: Omicron Picu Kenaikan Kasus Covid-19 di Indonesia: Kasus Harian di 3 Provinsi Lampaui Puncak Delta

Dari total pasien meninggal, tercatat sebanyak 69 persen berstatus belum divaksinasi secara lengkap atau dua dosis.

Menanggapi hal ini, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyarankan kepada masyarakat segera mengambil dosis vaksin apabila tersedia.

"Jadi kesimpulannya apa? Cepat-cepat vaksin,” kata Budi pada Senin.

Dalam kesempatan terpisah, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan mengingatkan bagi kelompok rentan agar hati-hati di tengah gelombang Omicron.

Kelompok rentan yang dimaksud adalah lansia, pengidap komorbid, dan orang yang belum divaksin Covid-19.

“Masyarakat tetap saja beraktivitas seperti biasa, sesuai dengan aturan prokes dan ketentuan PPKM. Jadi kalau kita patuh pada itu semua, tidak ada yang perlu dikhawatirkan,” kata Luhut dalam keterangan pers Rapat Terbatas Evaluasi PPKM, Senin (7/2).

“Tapi kalau Anda punya komorbid dan belum vaksin, Anda perlu berhati-hati, karena Anda menjadi salah satu orang yang bisa check out,” lanjutnya.

Per 7 Februari 2022, data Kemenkes menunjukkan tingkat vaksinasi dosis kedua di Indonesia telah mencapai hampir 132 juta dosis atau 63,16 persen dari target.

Sementara itu, tingkat vaksinasi lengkap bagi lansia telah mencapai hampir 11 juta dosis atau 49,06 persen dari target.

Baca Juga: Cegah BOR Meningkat, Luhut Minta Pasien Covid-19 Bergejala Ringan Masuk Isolasi Terpusat


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x