Kompas TV video sinau

Mengenal Ikan Torani, Hewan Laut yang Bisa Terbang

Sabtu, 5 Februari 2022 | 18:24 WIB

Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV-Ikan terbang memiliki bentuk tubuh seperti torpedo yang ramping, sehingga dapat memungkinkan mereka melaju dengan kecepatan di bawah air. Mereka memiliki sirip dada yang besar sehingga bisa mengudara.

Saat ini, ada 40 spesies ikan terbang yang diketahui. Selain sirip dada, ikan terbang mempunyai ekor bercabang yang tidak rata dengan lobus bawah lebih yang panjang dari lobus atas.

Ada juga spesies ikan terbang dengan sirip perut yang besar, yang juga dikenal sebagai ikan terbang bersayap empat.

Ikan terbang atau ikan torani memiliki nama latin Hirundichthys Oxycephalus. Ikan ini  dapat kita temukan di wilayah perairan Indonesia, seperti perairan Sulawesi, Flores, hingga Papua.

Mereka hidup berkelompok dan berada di air dangkal sehingga dapat membuat pertahanan yang kuat dari serangan pemangsanya.

Ikan terbang makan plankton, crustacea, ganggang, dan ikan-ikan berukuran kecil, sedangkan hewan yang memangsa ikan terbang adalah tuna, ikan todak, lumba-lumba, cumi-cumi, dan ikan pemakan daging yang tubuhnya lebih besar serta burung laut.

Apakah benar-benar bisa terbang?

Mengutip Bobo.id sebenarnya ikan torani tidak bisa terbang layaknya kelelawar atau burung, yang dilakukan adalah melayang di udara dalam waktu yang cukup lama.

Mereka terbang untuk menghindari serangan pemangsa, kecepatannya bisa sampai 60 kilometer per jam, sirip mereka terbentang sehingga terlihat seperti sepasang sayap yang tidak bisa mengepak,sirip ini menangkap angin agar bisa melayang dalam waktu sekitar 45 detik dan sejauh 400 meter. 

Baca Juga: Unik, Anak Sapi dengan Dua Kepala, Dua Hidung, Dua Mulut dan Empat Mata Lahir di India

https://www.kompas.tv/article/256437/unik-anak-sapi-dengan-dua-kepala-dua-hidung-dua-mulut-dan-empat-mata-lahir-di-india 

Editor Video & Grafis: Joshua Victor 


Sumber : diolah dari berbagai sumber


BERITA LAINNYA


Close Ads x