Kompas TV olahraga kompas sport

Bebas dari Sanksi, Indonesia Masih akan Diawasi WADA selama Tiga Bulan

Kompas.tv - 4 Februari 2022, 20:44 WIB
bebas-dari-sanksi-indonesia-masih-akan-diawasi-wada-selama-tiga-bulan

IADO atau Indonesia Anti-Doping Organization masih akan terus diawasi selama tiga bulan ke depan oleh WADA meski sudah bebas dari sanksi. (Sumber: Tangkapan layar Zoom Konferensi Pers Kemenpora)

Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Meski sudah bebas dari sanksi, Indonesia Anti-Doping Organization (IADO) -sebelumnya bernama LADI- masih dalam status pengawasan WADA dalam tiga bulan ke depan.

IADO nantinya juga akan tetap diawasi oleh Badan Anti-Doping Jepang (JADA), selaku lembaga yang selama ini ditugaskan WADA untuk mengasistensi IADO dalam memenuhi status compliance (patuh).

“Kami masih mempunyai tugas berat karena dalam implementasi ini (status patuh), dalam tiga bulan ke depan kami akan diaudit dan dievaluasi oleh SEARADO (Organisasi Anti-Doping Regional Asia Tenggara) dan WADA serta supervisi dari JADA sekali lagi,” kata Ketua IADO Musthofa Fauzi dalam acara pengumuman pembebasan sanksi WADA di Jakarta, Jumat (4/2/2022) dikutip dari Antara.

Demi mempertahankan status patuh tersebut, Musthofa mengungkapkan bahwa IADO sudah melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan berbagai federasi olahraga nasional dalam pelaksanaan tes antidoping.

Ia juga telah melakukan transformasi serta perbaikan dalam organisasi IADO sesuai dengan permintaan WADA.

Dengan dibebaskannya Indonesia dari sanksi WADA ini, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali berharap IADO bisa tetap mempertahankan status compliance dari lembaga antidoping dunia tersebut untuk seterusnya.

“Saya sendiri berharap kejadian seperti ini tidak terulang lagi," kata Menpora Amali.

"Ketua IADO harus bisa memastikan bahwa waktu tiga bulan yang diberikan WADA bisa dimanfaatkan sebaik mungkin. Jangan sampai kita mendapat status non-compliance lagi,” tegasnya.

Baca Juga: Sanksi WADA Dicabut, Mulai Februari Indonesia Bisa Kibarkan Bendera Merah Putih Lagi



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x