Kompas TV regional berita daerah

Beri Kuliah Umum Mahasiswa UB Malang, KSAD: Waspadai Ancaman Non Militer

Kompas.tv - 4 Februari 2022, 19:20 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV-Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman memberi kuliah tamu pada mahasiswa Universitas Brawijaya Malang, Rabu (02/02/2022).

Dalam kuliah tamu tentang pertahanan negara tersebut, sejumlah materi diberikan. Diantaranya untuk mewaspadai ancaman non militer.

"Tidak ada negara-negara yang jadi musuh bangsa kita, namun kita tetap waspadai dampak dari operasi militer yang dilakukan negara-negara di luar kita. Tetapi yang justru kita waspadai, justru adalah ancaman-ancaman non militer. Ini merupakan ancaman yang berdimensi teknologi, ideologi, politik, sosial, budaya. Apapun dan saat ini justru nantinya di luar pertahanan keamanan yang kita prediksi" kata KSAD pada mahasiswa.

Ia menambahkan ancaman hibrida seperti ancaman berdimensi militer dan non militer tidak kasar mata juga perlu diwaspadai.

"Kemudian ancaman-ancaman hibrida seperti ancaman yang berdimensi militer dan non militer ini dilaksanakan secara terpadu. Bisa perang ideologi, perang psikologis yang tanpa kasat mata tidak bisa kelihatan kita. Tetapi Ini sudah berlangsung, oleh karenanya kita justru mewaspadai itu" tambahnya.

Dalam kuliah tamunya, selain memberi materi tentang ketahanan sebuah negara, KSAD juga memberi gambaran karakter pemimpin yang baik pada mahasiswa.

#KSAD #jenderaldudung

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x