Kompas TV nasional peristiwa

Ibu Kota Negara Pindah ke Kalimantan, Wagub DKI: Jakarta akan Baik-Baik Saja

Kompas.tv - 4 Februari 2022, 13:20 WIB
ibu-kota-negara-pindah-ke-kalimantan-wagub-dki-jakarta-akan-baik-baik-saja
Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria sebut Jakarta akan jadi pusat ekonomi dan bisnis dunia. (Sumber: Dok. PPID DKI Jakarta)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengungkapkan Jakarta masih tetap menjadi pusat perekonomian nasional, meski tak lagi menyandang status Ibu Kota Negara (IKN).

Bahkan dia menuturkan, nantinya Jakarta akan disulap menjadi kota bisnis berskala besar.

"Kami tegaskan Jakarta akan baik-baik saja bahkan lebih baik. Jadi Jakarta akan menjadi kota besar pusat ekonomi dan bisnis dunia," kata Riza Patria dalam webinar bertajuk 'Menata Jakarta usai Pindah Ibu Kota', Jumat (4/2/2022). 

Dia kemudian menyinggung pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal nasib Jakarta setelah pemerintah memindahkan Ibu Kota Negara ke Kalimantan Timur.

Diketahui, Jokowi sebelumnya mengatakan Jakarta akan menjelma menjadi salah satu kota metropolitan seperti yang kota yang ada di Amerika Serikat (AS).

"Presiden juga pernah menyinggung nasib Jakarta setelah ibu kota negara dipindahkan. Jakarta akan menjelma menjadi kota metropolitan seperti di Amerika Serikat yaitu New York dan Washington DC," ujarnya.

Baca Juga: Puan Ingatkan Pemerintah: Masyarakat Harus Dilibatkan Saat Buat Regulasi Turunan UU IKN

Sebab itu, Riza Patria menuturkan, meski tak lagi menjadi ibu kota, namun Jakarta harus berkembang menjadi kota besar secara global.

Pada kesempatan itu, Wagub juga memastikan Jakarta akan terus melakukan program pembangunan seperti yang sudah direncanakan sebelumnya.

"Jadi pembangunan di Jakarta akan tetap berlanjut meski status Ibu Kota negara telah berpindah," tegasnya.

"Pembangunan akan terus berlangsung karena beban perekonomian di Jakarta masih sangat besar," sambung Riza Patria 

Di sisi lain, Wagub menyatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sangat mendukung kebijakan pemindahan Ibu Kota Negara ke Kalimantan Timur. 

"Kami memandang pemindahan ibu kota dari Jakarta ke 'Nusantara' (nama dari IKN baru-red) adalah niat baik pemerintah pusat yang harus diapresiasi dan di-support," tandas Wagub.

Baca Juga: Seperti Apa Jakarta Setelah Tak Jadi Ibu Kota Negara? Ini Kata Wagub Ahmad Riza Patria




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x