Kompas TV internasional kompas dunia

Hartanya Ambles Rp429 T Dalam Sehari, Mark Zuckerberg Keluar Dari 10 Orang Terkaya di AS

Kompas.tv - 4 Februari 2022, 12:01 WIB
hartanya-ambles-rp429-t-dalam-sehari-mark-zuckerberg-keluar-dari-10-orang-terkaya-di-as
CEO dan pendiri Facebook, Mark Zuckerberg. (Sumber: Brendan Smialowski / AFP)
Penulis : Dina Karina | Editor : Gading Persada

NEW YORK, KOMPAS.TV- Bos Facebook Mark Zuckerberg kehilangan hartanya senilai hampir 30 miliar dollar AS atau setara 429 triliun rupiah. Penyebabnya, saham Facebook yang kini bernama Meta anjlok di bursa New York pada perdagangan Kamis waktu setempat.

Saham Meta turun 26 persen, yang merupakan rekor penurunan terbesar dalam sejarah. Hal itu terjadi setelah Meta mengumumkan pertumbuhan pendapatan yang lebih rendah dari proyeksi sebelumnya, di kuartal IV 2021.

Mengutip dari Forbes, Jumat (4/2/2022), saham Meta yang terjun bebas juga menyebabkan kapitalisasi pasar perusahaan itu berkurang sebesar 230 milliar dollar AS.

Manajemen Meta menyebut kinerja Facebook berkurang karena menurunnya pengguna harian Facebook, imbas persaingan dengan TikTok. Ditambah dengan baiknya biaya internet di India, yang selama ini jadi salah satu penyumbang pengguna Facebook terbesar di dunia.

Baca Juga: Inflasi Turki Tembus Level Tertinggi dalam 20 Tahun

Selain Zuckerberg, dua pendiri Facebook lainnya yaitu Dustin Moskovitz dan Eduardo Saverin juga kehilangan hartanya. Masing-masing sebesar 3,9 miliar dollar AS dan 4,2 miliar dollar AS. Walaupun sudah tidak aktif di manajemen Facebook, keduanya masih memiliki saham di perusahaan itu.

Zuckerberg kini tidak lagi masuk dalam daftar 10 orang terkaya di Amerika Serikat. Ia berada di posisi ke 12 di bawah Mukesh Ambani, yang merupakan orang terkaya di India. Tahun lalu, Bos Tesla Elon Musk juga kehilangan harta sebesar 33 miliar dollar AS akibat saham Tesla anjlok.

Baca Juga: Fitur "Boomerang" Instagram Disebut Hasil Jiplak, Mark Zuckerberg Digugat

 



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x