Kompas TV nasional agama

PP Persis Puji BNPT Berani Minta Maaf soal Kesalahan Data Pesantren Afiliasi Terorisme

Kompas.tv - 4 Februari 2022, 08:23 WIB
pp-persis-puji-bnpt-berani-minta-maaf-soal-kesalahan-data-pesantren-afiliasi-terorisme
Wakil Ketua Umum Pimpinan Pusat Persatuan Islam (Waketum PP Persis), KH Jeje Zaenudin mengatakan, BNPT berani buka data kesalahan pesantren diduga afiliasi terorisme dan itu sebuah kemajuan (Sumber: Persis TV)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV – Wakil Ketua Umum Pimpinan Pusat Persatuan Islam (Waketum PP Persis), KH Jeje Zaenudin memuji keberanian Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) yang meminta maaf secara terbuka soal data pesantren yang diduga terafiliasi gerakan terorisme.

Menurut Jeje, silaturahmi dan dialog Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) membuahkan hasil yang baik.

Pertemuan dilaksanakan di Gedung MUI, Jalan Proklamasi, Jakarta Timur, pada Kamis siang (3/2/2022).

Apalagi,  lanjut Jeje, setelah berdiskusi sekitar dua jam mendengarkan bebagai masukan, kritik, dan saran, Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar menyampaikan permohonan maaf.

"Kami sangat gembira sekaligus mengapresiasi sikap terbuka, gentel, dan rendah hati dari Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar," katanya dalam keteranganya yang diterima KOMPAS TV , Kamis (3/2/2022).

Ia juga memuji keberanian pihak BNPT soal pesantren yang tanpa ragu mengakui kesalahan data tersebut.

"Ia tanpa ragu menyatakan minta maaf kepada pesantren dan semua pihak yang merasa tersinggung dan tersakiti dengan release daftar pesantren yang terafiliasi terorisme," imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, Boy menyampaikan bahwa BNPT tidak akan sungkan-sungkan mengubah peristilahan dan diksi yang dianggap kurang tepat.

Baca Juga: Jusuf Kalla Soal Pondok Pesantren Terpapar Terorisme: BNPT Jangan Hanya Keluarkan Isu

Stigma terhadap pesantren yang menurut Jeje dapat menimbulkan kesan stigma negatif kepada Islam dan umat Islam.

Termasuk ketika membuat kriteria dan indikator kelompok teroris yang membuat resah banyak pihak, khususnya komunitas pesantren.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x