Kompas TV religi beranda islami

Doa Pagi Mengetuk Pintu Rezeki Ajaran Nabi Muhammad

Kompas.tv - 4 Februari 2022, 07:28 WIB
doa-pagi-mengetuk-pintu-rezeki-ajaran-nabi-muhammad
ilustrasi pagi hari. Yuk ikuti amalan Doa Pagi hari Ajaran Nabi Muhammad ini agar rezeki senantiasa berlipat (Sumber: jcomp/freepik)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Imam Nawawi dalam kitab Adzkar menyebutkan  doa pagi hari yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Doa pagi hari ini bisa kita amalkan karena terkait dengan rezeki.

Dalam kitab itu disebutkan, salah satu keutamaan doa pagi hari ajaran Nabi Muhammad ini adalah adalah  meluaskan pintu rezeki.

Doa pagi hari ini kerap dibaca  beliau dan mengamalkannya adalah bagian dari "uswah hasanah", artinya meniru hal baik yang beliau lakukan. 

Dalam Islam, rezeki bukan sekadar upaya untuk mencari uang untuk demi makan-minum, tapi lebih dari itu.

Rezeki adalah upaya mencari berkah, sebagai bagian dari menegakkan punggung. Para ulama menafsirkan soal ‘penegakan punggung’ sebagai istilah ibadah.

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Thabrani disebutkan, pagi hari adalah waktu terbaik untuk memulai mencari rezeki halal sebagai upaya ‘menegakkan punggung’.

Nabi Muhammad bersabda: “Bangunlah pagi untuk mencari rezeki dan kebutuhan-kebutuhanmu. Sesungguhnya pada pagi hari terdapat berkah dan keberuntungan." (HR Ath-Thabrani).

Maka dari itu, baiknya mengamalkan doa Nabi Muhammad ini sedari pagi atau memulai aktivitas di pagi hari sebagai ikhtiar untuk mengetuk pintu rezeki-Nya dan memberikan kita keberkahan. 

Baca Juga: Zikir Penarik Rezeki yang Diajarkan Nabi Muhammad

Doa Pagi yang Diajarkan Nabi Muhammad  

Doa pagi Hari ajaran Nabi Muhammad, untuk melebarkan rezeki sejak pagi hari (Sumber: kompas.tv/dedik priyanto)

Allahuma bika asbahna, wa bika amsayna wabika nahya wabika namutu wailahinnusyuur

Artinya: "Ya Allah, Berkat-Mu kami bisa menikmati pagi hari, karena berkah-Mu kami bisa berada di sore hari, karena-Mu pula kami bisa hidup, dan dengan-Mu kelak kami wafat. Hanya kepada-Mu kelak kami akan kembali."

Semoga keberkahan pagi hari dan rezeki kita senantiasa terbuka lebar. ita. Amin. Wallahu a’lam.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x