Kompas TV nasional peristiwa

PPKM Diperpanjang, Ini 3 Wilayah Luar Jawa Bali yang Berstatus PPKM Level 3

Kompas.tv - 1 Februari 2022, 10:40 WIB
ppkm-diperpanjang-ini-3-wilayah-luar-jawa-bali-yang-berstatus-ppkm-level-3
Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 1-3 di luar Jawa Bali kembali diperpanjang hingga 14 Februari 2022 mendatang. (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 1-3 di luar Jawa Bali kembali diperpanjang hingga 14 Februari 2022 mendatang.

Melansir salinan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 7 Tahun 2022, ada 3 wilayah yang masih diberlakukan PPKM level 3.

Adapun tiga wilayah tersebut seluruhnya ada di Provinsi Papua, yakni Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Lanny Jaya, dan Kota Jayapura.

Diketahui, jumlah wilayah tersebut berkurang dari sebelumnya yang sebanyak 10 daerah.

Tak hanya PPKM level 3, dalam salinan Inmedagri juga disebutkan bahwa wilayah PPKM level 1 di luar Jawa Bali juga mengalami penurunan.

Awalnya, wilayah PPKM level 1 di luar Jawa Bali ada sebanyak 238 kabupaten/kota, kini menurun menjadi 164 kabupaten/kota.

Baca Juga: Daftar Terbaru Wilayah PPKM Jawa-Bali, Serang dan Pamekasan Berstatus Level 3

Sementara itu, terjadi peningkatan jumlah wilayah PPKM level 2 pada masa perpanjangan kali ini. Mulanya, wilayah PPKM level 2 di luar Jawa Bali ada sebanyak 138 kabupaten/kota, kini menjadi 219 kabupaten/kota.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, kasus Covid-19 di luar Jawa-Bali mengalami peningkatan.

Fakta itu, kata dia, harus menjadi rujukan kewaspadaan semua pihak.

"Kita harus waspada karena kita lihat dari kasus reproduksi efektif atau RT Covid-19 itu di Sumatera naik menjadi 1,02; Kalimantan jadi 1,01; Maluku 1,08; Papua 1,05; Nusa Tenggara 1,03; dan Sulawesi 1," kata Airlangga dalam konferensi pers secara virtual terkait Evaluasi PPKM, Senin (31/1/2021).

Koordinator Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) luar Jawa Bali ini juga mengatakan, berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) beberapa provinsi di luar Jawa-Bali sudah terdeteksi varian Omicron dari transmisi lokal.

"Beberapa provinsi seperti Sumatera Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Jayapura sudah dilihat kasus Omicronnya sudah masuk dari transmisi lokal," ujarnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Pimpin Evaluasi PPKM dari Kalimantan, Ini 4 Arahannya




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x