Kompas TV internasional kompas dunia

Makin Provokatif, Korea Utara Uji Coba Rudal yang Bisa Mencapai Guam

Kompas.tv - 1 Februari 2022, 06:10 WIB
makin-provokatif-korea-utara-uji-coba-rudal-yang-bisa-mencapai-guam
Warga menonton TV yang menampilkan peluncuran rudal Korea Utara dalam program berita di Stasiun Kereta Api di Seoul, Korea Selatan, Senin, 31 Januari 2022. Korea Utara mengkonfirmasi bahwa pihaknya meluncurkan uji coba rudal balistik jarak menengah yang mampu mencapai wilayah Amerika Serikat, Guam, Senin. (Sumber: AP Photo/Ahn Young-joon)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Iman Firdaus

SEOUL, KOMPAS.TV — Korea Utara mengkonfirmasi telah melakukan uji coba peluncuran rudal balistik jarak menengah yang mampu mencapai wilayah Amerika Serikat (AS) di Guam, Senin (31/1/2022). Peluncuran senjata ini merupakan yang paling signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

Peluncuran rudal dilakukan pada Minggu (30/1/2022) bisa menjadi awal dari provokasi yang lebih besar oleh Korea Utara.

Seperti dikutip dari The Associated Press, uji coba ini menimBulkan ancaman langsung ke daratan AS, karena Korea Utara mencoba untuk lebih menekan pemerintahan Biden untuk mendapatkan keringanan sanksi atau pengakuan internasional sebagai negara nuklir yang sah.

Kantor Berita Pusat Korea (KCNA) mengatakan tujuan dari tes itu adalah untuk memverifikasi akurasi rudal Hwasong-12 yang dikerahkan militernya.

Baca Juga: Inilah Koleksi Rudal Korea Utara: Rudal Jelajah, Rudal Hipersonik, dan Rudal Nuklir Antarbenua

Korea Utara mengatakan rudal itu diluncurkan ke arah perairan lepas pantai timurnya pada sudut yang tinggi untuk mencegah terbang di atas negara lain. 

Menurut penilaian Korea Selatan dan Jepang, rudal itu terbang sekitar 800 kilometer dan mencapai ketinggian maksimum 2.000 kilometer sebelum mendarat di perairan antara Semenanjung Korea dan Jepang.

Rincian penerbangan yang dilaporkan menjadikannya rudal tersebut sebagai yang paling kuat yang telah diuji Korea Utara sejak 2017, ketika negara itu meluncurkan Hwasong-12. Rudal ini memiliki kemampuan untuk meluncurkan serangan nuklir ke pangkalan militer AS di Timur Laut, Asia Pasifik dan bahkan ke dataran AS.

Rudal Hwasong-12 adalah senjata darat-ke-darat berkemampuan nuklir dengan jangkauan maksimum 4.500 kilometer ketika ditembakkan pada lintasan standar. Ini adalah jarak yang cukup untuk mencapai Guam, pangkalan militer AS yang di masa lalu pernah mengirim pesawat tempur canggih ke Semenanjung Korea untuk unjuk kekuatan. 

Baca Juga: Kim Jong-Un Terus Unjuk Gigi, Korea Utara Luncurkan Rudal Ketujuh dalam Satu Bulan

Pada Agustus 2017, di puncak permusuhan dengan pemerintahan Trump saat itu, Korea Utara mengancam akan membuat “api yang menyelimuti” kawasan di dekat Guam dengan rudal Hwasong-12.

Pada tahun 2017, Korea Utara juga melakukan uji coba rudal balistik antarbenua yang disebut Hwasong-14 dan Hwasong-15 yang menurut para ahli menunjukkan kapasitas potensial mereka untuk mencapai daratan AS. 



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x