Kompas TV nasional agama

PP Muhammadiyah Serukan Dukungan bagi Palestina, Ingatkan Semangat Antikolonialisme UUD 1945

Kompas.tv - 30 Januari 2022, 17:35 WIB
pp-muhammadiyah-serukan-dukungan-bagi-palestina-ingatkan-semangat-antikolonialisme-uud-1945
Ilustrasi. Seorang demonstran membentangkan lukisan bendera Palestina di tangannya dalam aksi solidaritas kepada warga korban penggusuran Israel di Sheikh Jarrah. PP Muhammadiyah menyerukan untuk terus memberi dukungan kepada Palestina, sesuai semangat antikolonialisme dari Indonesia. (Sumber: Mahmoud Illean/Associated Press)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah (PP Muhammadiyah) Dadang Kahmad menyerukan dukungan bagi Palestina yang merdeka dan bebas dari cengkeraman Israel. 

Selain terhadap Palestina, Muhammadiyah juga mendukung kemerdekaan negara lain di dunia yang mengalami nasib serupa. Dukungan juga diberikan kepada kelompok-kelompok minoritas di negara-negara lain yang terpinggirkan seperti warga Rohingya di Myanmar.

Komitmen Muhammadiyah ini, kata Dadang, sudah berlangsung sejak lama.

Ia pun memaparkan, dukungan Muhammadiyah ini adalah bentuk komitmen terhadap konstitusi Indonesia, yakni amanat antipenjajahan dan antikolonialisme yang tertuang dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 (UUD 1945).

“Perlu menjadi catatan kita bahwa selama kita menjadi orang ber-Pancasila. Mempunyai Ketuhanan, Perikemanusiaan yang adil dan beradab, mesti itulah kita tidak akan rela manusia di seluruh dunia ada dalam penderitaan dan ketidakadilan,” tuturnya dikutip KOMPAS TV dari laman resmi Muhammadiyah, Minggu (30/1).

Oleh karena itu, Muhammadiyah, kata Dadang, akan tetap konsisten sampai kapanpun untuk mendukung kebijakan antikolonialisme.

“Selama konstitusi kita tidak berubah, selama itu kita terikat oleh konstitusi dan tidak boleh dilanggar oleh pemerintah. Kalau pemerintah melanggar berarti melanggar konstitusi,” tambahnya.

Baca Juga: Diusir dari Rumah Sendiri: Potret Penggusuran Warga Palestina di Sheikh Jarrah

Dadang juga memaparkan, Muhammadiyah juga memberikan donasi kepada warga Palestina saat digempur Israel.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x