Kompas TV kuliner cerita rasa

Intip 7 Jenis Kue Mangkok Khas Imlek dan Tips Membuatnya

Kompas.tv - 30 Januari 2022, 15:40 WIB
intip-7-jenis-kue-mangkok-khas-imlek-dan-tips-membuatnya
Ilustrasi. Perayaan Tahun Baru Imlek di Indonesia sangat identik dengan salah satu kudapan khasnya, yakni kue mangkok. (Sumber: SHUTTERSTOCK/Rizvisual)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Edy A. Putra

SOLO, KOMPAS.TV - Perayaan Tahun Baru Imlek di Indonesia sangat identik dengan salah satu kudapan khasnya, yakni kue mangkok.

Dalam tradisi perayaan Imlek, terdapat tujuh jenis kue mangkok yang dapat menjadi suguhan bagi para tamu yang berkunjung.

Selain rasanya yang enak, kue mangkok ini juga termasuk sajian favorit untuk merayakan Imlek bersama keluarga karena cara pembuatannya terbilang cukup mudah.

Berniat membuat kue mangkok sendiri untuk perayaan Imlek nanti? Simak tips berikut sebagaimana dikutip dari Kompas.com, Minggu (30/1/2022).

Baca Juga: Kumpulan Twibbon dan Ucapan Imlek 2022 dalam Bahasa Inggris dan Indonesia

1. Kue mangkok tepung beras

Untuk membuat kue mangkok jenis ini, bahan yang perlu disiapkan cukup sederhana, meliputi tape ketan, tepung beras, dan air kelapa.

Jangan lupa, tambahkan pula baking powder sebagai pengembang adonan kue mangkok agar hasilnya nanti menjadi lebih bagus.

2. Kue mangkok gula merah

Langkah utama dalam membuat kue mangkok gula merah sangatlah mudah, hanya perlu campurkan tepung beras, tepung terigu, ragi, gula, dan air hangat hingga menjadi adonan biangnya.

Selepas itu, yang tak boleh terlewatkan, masukkan gula merah ke dalam adonan biang tadi dan aduk sampai menyatu semuanya.

Baca Juga: Februari Ceria, Ini 3 Shio yang Diprediksi Ketiban Rezeki Setelah Perayaan Imlek 2022

Kue mangkok gula merah. (Sumber: Shutterstock/Noor Fitriah)

3. Kue mangkok gula merah mekar



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x