Kompas TV internasional kompas dunia

Ekonomi Amerika Serikat Tumbuh 5,7% tahun 2021, Rebound dari Resesi Tahun 2020 akibat Covid-19

Jumat, 28 Januari 2022 | 00:07 WIB
ekonomi-amerika-serikat-tumbuh-5-7-tahun-2021-rebound-dari-resesi-tahun-2020-akibat-covid-19
Pelabuhan kontainer di Long Beach, California. PDB Amerika Serikat, yaitu total output barang dan jasa meningkat 5,7 persen tahun 2021, pertumbuhan tahun kalender terkuat sejak lonjakan 7,2 persen tahun 1984 setelah resesi sebelumnya. (Sumber: Nikkei)

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Ekonomi Amerika Serikat tahun 2021 lalu tumbuh pada laju tercepat sejak kepresidenan Ronald Reagan, bangkit kembali dengan ketahanan dari resesi virus corona yang singkat namun menghancurkan pada tahun 2020.

PDB Amerika Serikat, yaitu total output barang dan jasa meningkat 5,7 persen tahun 2021, pertumbuhan tahun kalender terkuat sejak lonjakan 7,2 persen tahun 1984 setelah resesi sebelumnya.

Ekonomi mengakhiri tahun 2021 dengan tumbuh pada kecepatan tahunan 6,9 persen yang tak terduga dari Oktober hingga Desember, karena dunia usaha mengisi kembali stok dan persediaan mereka, seperti tercantum dalam laporan Departemen Perdagangan Amerika Serikat, Kamis (27/1/2022).

“Ini menunjukkan ekonomi Amerika Serikat belajar beradaptasi dengan varian baru dan terus berproduksi,'' kata Beth Ann Bovino, kepala ekonom di Standard & Poor's Global Ratings, seperti dilansir Associated Press, Kamis (27/1/2022).

Terjepit oleh inflasi dan masih dicengkeram oleh beban kasus Covid-19, ekonomi diperkirakan akan melambat tahun 2022 ini.

Banyak ekonom menurunkan perkiraan mereka untuk kuartal Januari-Maret saat ini, yang mencerminkan dampak dari varian omicron.

Dan untuk semua tahun 2022, Dana Moneter Internasional (IMF) memperkirakan pertumbuhan PDB negara akan melambat menjadi 4 persen.

Banyak bisnis di Amerika Serikat, terutama restoran, bar, hotel, dan tempat hiburan, tetap berada di bawah tekanan varian Omicron, membuat jutaan orang berdiam di rumah untuk menghindari keramaian.

Pengeluaran konsumen, pendorong utama ekonomi, mungkin lebih jauh tertahan tahun ini oleh hilangnya bantuan pemerintah untuk rumah tangga, yang memelihara aktivitas pada tahun 2020 dan 2021 tetapi sebagian besar telah berakhir.

Terlebih lagi, Federal Reserve menjelaskan pada hari Rabu pihaknya berencana menaikkan suku bunga beberapa kali tahun ini untuk memerangi inflasi tertinggi dalam hampir empat dekade.

Halaman Selanjutnya

Sumber : Kompas TV/Associated Press


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
09:41
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19