Kompas TV regional berita daerah

Longsor di Beberapa Titik Putus Jalan Antar Kecamatan

Kompas.tv - 27 Januari 2022, 22:10 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Hujan deras di daerah pegunungan bagian selatan Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah, menyebabkan banjir dan longsor. Akses jalan utama antar Lebakbarang  menuju Kajen atau sebaliknya tidak bisa dilewati karena beberapa lokasi tertutup material tanah dan bebatuan. 

 

Untuk bisa keluar dari kawasan longsor, warga harus memutar sekitar dua jam atau sekitar 20 KM. Namun ratusan warga tak bisa keluar lokasi, karena longsor memutus di 9 titik, dan jembatan di jalan kabupaten ini.

 

Upaya evakuasi material longsor berupa batu, lumpur, kayu dan lainnya masih dilakukan oleh Aparat TNI, Polri, BPBD, Relawan juga warga. Upaya membuka jalan hanya dilakukan secara manual, karena minim alat berat dan jalan ke lokasi juga sulit.

 

Longsoran susulan dikhawatirkan terus terjadi karena curah hujan masih tinggi. Bencana alam tanah longsor beberapa kali terjadi seperti di Petungkriyono dan Lebakbarang bergerak cepat dengan langsung terjun ke lokasi bencana dan bersama masyarakat membersihkan material longsoran.

 

Dihimbau kepada masyarakat baik yang berada di wilayah pegunungan agar lebih waspada terhadap cuaca ekstrem yang terjadi saat ini. Cuaca yang sangat ekstrim seperti saat ini, potensi terjadinya bencana sangat mungkin terjadi terutama bencana alam tanah longsor dan banjir.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x