Kompas TV regional berita daerah

Bocah SD Viral Setelah Jual Gambar di Lokapasar

Rabu, 26 Januari 2022 | 11:29 WIB

Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV ­– Seorang siswa SD Negeri 1 Ambarawa, Pringsewu sempat viral di jagat maya usai menjual hasil gambarnya di lokapasar atau marketplace.

Siswa kreatif yang bernama Dewa Wibisono ini masih sangat belia. Dewa masih duduk di bangku kelas 4 SD. Namun, kesukaannya dalam menggambar, membuat Dewa rajin menyalurkan hobinya itu.

Dewa biasanya menggambar, mulai dari jenis ikan lumba-lumba, kumbang, pemandangan gunung, dan bunga matahari.

Baca Juga: Warga Binaan Lapas Produksi Roti Bernilai Ekonomi

Sementara, ide untuk menjual hasil gambarnya ini bermula, saat Dewa sering berbelanja keperluan sekolah di lokapasar. Dengan rasa penasaran yang tinggi, ia pun kemudian mulai mencoba dan memberanikan diri untuk menjual hasil karyanya yang justru mendapat banyak antusias dari masyarakat luas dan ia jual dengan harga 2 ribu hingga 4 ribu rupiah per gambar.

Satu per satu ide kreatif, ia tuangkan dengan memanfaatkan kertas tulis dan pensil gambar dan dalam sehari Dewa mampu membuat sekitar 20 aneka gambar yang ia kemas dan pasarkan sendiri.

“Aku gara-gara sering belanja di shopee jadi ikutan. Aku jual gambarku ke Jakarta, Bandung, Bekasi, Bali banyaklah,” kata Dewa Wibisono.

Melihat anaknya yang kreatif, Vera Arnas ibunda Dewa sangat mendukung rutinitas sang buah hati terlebih dalam mengisi kejenuhan di tengah pandemi Covid-19.

Sang Ibunda mengatakan bahwa ia selalu menyempatkan diri mendampingi sang buah hati dalam menorehkan hasil karyanya.

Walaupun telah berhasil meraup pundi-pundi rupiah dari hasil penjualan gambar. Namun, Vera tidak memaksakan kepada sang anak untuk terus menjual hasil karyanya dan tetap mengutamakan untuk fokus pada pelajaran di sekolah.

Baca Juga: Kreatif! Mahasiswa Sulap Limbah Kayu Jadi Mobil Mainan

Hasil dari penjualan gambar pun, selalu disimpan dan dibelanjakan kembali untuk kebutuhan alat menggambar dan lainnya.

“Saya sangat mendukung dengan hobi Dewa, ya. Apalagi kegiatan tatap muka di sekolah belum seratus persen. Jadi, Dewa lebih produktif di rumah dengan menggambar,” ucap Vera Arnas.

"Alhamdulilah juga, respons dari teman-teman saya juga positif. Apalagi dia sempat viralkan, jadi tambah buat dia semangat," imbuhnya. 

Kreativitas Dewa Wibisono ini dapat menjadi contoh dan layak ditiru bagi anak-anak lainnya untuk tetap produktif selama masa pembelajaran daring.

#siswakreatif #viral #jualgambaronline

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
16:03
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19