Kompas TV nasional politik

Risma Soal Jabatan Kepala Otorita IKN: Banyak Kepala Daerah yang Arsitek, Bukan Cuma Aku

Kompas.tv - 23 Januari 2022, 14:54 WIB
risma-soal-jabatan-kepala-otorita-ikn-banyak-kepala-daerah-yang-arsitek-bukan-cuma-aku
Manteri Sosial baru Tri Rismaharini atau kerap dipanggil Risma soal jabatan Kepala Otorita IKN baru. (Sumber: Dok Kementerian Sosial)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini atau yang akrab disapa Risma ini menanggapi terkait namanya yang masuk bursa calon Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) baru. 

Diketahui, nama Risma ini pun dinilai memenuhi kriteria Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai orang yang akan menduduki posisi kepala otorita IKN itu, yakni mempunyai latar belakang arsitek dan pernah menjadi kepala daerah.

Menaggapi hal ini, Risma mengaku tidak dapat berkomentar lebih jauh terkait hal tersebut, mengingat selain dirinya masih banyak kepala daerah yang berlatar arsitek. 

"Banyak, banyak kepala daerah yang (berlatar) arsitek. Bukan hanya aku saja. Jadi, enggak bisa ngomong aku," kata Risma usai menanam Mangrove di di Pantai Telaga Waja, Badung, Minggu (23/1/2022).

Saat ditanya terkait kesiapan jika nantinya ditunjuk sebagai Kepala Otorita IKN baru yang bernama Nusantara, Mantan Wali Kota Surabaya ini tidak menjawab gamblang.

Risma yang merupakan kader PDIP ini hanya menyatakan harus melapor terlebih dahulu ke Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri terkait jabatan tersebut.

"Ibu (Megawati) tahu saya. Saya harus melapor ke Ibu. Karena Ibu tahu siapa saya. Apakah saya tepat di situ atau tidak," jelasnya. 

Baca Juga: Presiden Akan Pilih Kepala Otorita IKN Maksimal April 2022, Nama Ahok Masuk dalam Bursa?

Saat kembali didesak apakah siap apabila ditunjuk, Risma menegaskan tak mengetahui perihal pemilihan Ketua Otorita IKN itu.

"Bukan soal siap. Orang saya nggak tahu kok," ujar Risma. 

Jokowi Bocorkan Kriteria Kepala Otorita IKN

Presiden Jokowi (Joko Widodo)  (Sumber: Sekretariat Presiden)

Presiden Jokowi sebelumnya telah memberikan bocoran terkait kriteria Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur. 

Presiden Jokowi menyebut, kriteria calon pemimpin ibu kota baru negara yang diberi nama "Nusantara" itu paling tidak punya pengalaman memimpin daerah dan memiliki latar belakang arsitek.

"Paling tidak pernah memimpin daerah dan punya background arsitek," kata Jokowi saat bertemu dengan beberapa pemimpin redaksi media massa nasional di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (19/1/2022). Seperti dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Jokowi Bocorkan Kriteria Pemimpin Ibu Kota Negara: Pernah Pimpin Daerah dan Punya Background Arsitek



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x