Kompas TV regional berita daerah

Klungkung, Satu-satunya Zona Hijau Covid di Bali

Kompas.tv - 21 Januari 2022, 15:25 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

KLUNGKUNG, KOMPAS TV - Dari sembilan kabupaten kota di Bali, Kabupaten Klungkung saat ini menyandang status zona hijau. Hal ini setelah empat minggu lebih berturut-turut Klungkung tidak ada kasus pertambahan positif Covid-19. Sedangkan daerah lainnya di Bali, masih berstatus zona kuning lantaran masih ada kasus baru setiap harinya . B

Berdasarkan data harian yang dirilis Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Bali, Kabupaten Klungkung sudah  awal Desember 2021 nol kasus terkonfirmasi, sehingga dianggap layak masuk di zona hijau atau kategori tidak ada kasus.

Selain kasus terkonfirmasi positif harian,  ada beberapa indikator lain yang menentukan zona sebuah daerah. Diantaranya indikator epidemiologi , surveilans kesehatan masyarakat , dan pelayanan kesehatan. Ttiap indikator diberi skoring dan pembobotan lalu dijumlahkan. Kemudian hasil perhitungan dikategorisasi dalam  empat zona risiko yaitu zona risiko tinggi atau zona merah, zona risiko sedang  - orange, zona risiko rendah - kuning,  dan zona tidak ada kasus - hijau.

Zona hijau secara detail dijelaskan bahwa pernah terdapat kasus di wilayah tersebut, namun tidak ada penambahan kasus baru dalam 4 minggu terakhir dan angka kesembuhan kurang lebih 95% .

Situasi zona hijau ini juga dipercaya meningkatkan kunjungan wisata, utamanya ke wilayah Nusa Penida Klungkung, namun masyarakat diharapkan tetap menerapkan prokes yang ketat dan disiplin.



 

#klungkungzonahijau #pemkabklungkung #satgascovidklungkung

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x