Kompas TV internasional kompas dunia

Server Komite Palang Merah Internasional ICRC Diretas Besar-Besaran, Data Korban Konflik Dicuri

Kamis, 20 Januari 2022 | 10:45 WIB
server-komite-palang-merah-internasional-icrc-diretas-besar-besaran-data-korban-konflik-dicuri
Komite Palang Merah Internasional ICRC mengumumkan pada hari Rabu, (19/1/2022), peretas mencuri data lebih dari 515.000 orang yang sangat rentan, yang sebagian di antaranya melarikan diri dari konflik. (Sumber: Shutterstock via Kompas.com)

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Purwanto

JENEWA, KOMPAS.TV - Komite Palang Merah Internasional ICRC menjadi korban serangan siber besar-besaran, di mana para peretas mencuri data lebih dari 515.000 orang yang sangat rentan, yang sebagian di antaranya melarikan diri dari konflik, demikian pengumuman ICRC hari Rabu, (19/1/2022). 

"Serangan keamanan siber yang canggih terhadap server komputer, yang menyimpan informasi Komite Palang Merah Internasional terdeteksi minggu ini," bunyi pernyataan Komite yang dikutip Straits Times pada hari Kamis, (20/1/2022). "Serangan itu membahayakan data pribadi dan informasi rahasia pada lebih dari 515.000 orang yang sangat rentan, termasuk mereka yang terpisah dari keluarga mereka karena konflik, migrasi dan bencana, orang hilang dan keluarga mereka, dan orang-orang dalam tahanan."

Badan, yang bermarkas di Jenewa, tersebut tidak memiliki indikasi langsung mengenai siapa pelaku serangan.

Dikatakan, para peretas menargetkan perusahaan eksternal di Swiss yang dikontrak ICRC untuk menyimpan data. Sejauh ini belum ada bukti informasi yang dicuri, bocor atau masuk ke domain publik.

ICRC mengatakan "keprihatinannya yang paling mendesak" adalah "potensi risiko atas perbuatan tersebut, seperti bocornya informasi rahasia kepada publik, orang-orang yang berusaha dilindungi dan dibantu oleh jaringan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah, serta keluarga mereka".

Data tersebut berasal dari setidaknya 60 Perhimpunan Nasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah di seluruh dunia.

Baca Juga: ICRC Sediakan Layanan Pemulihan Hubungan Keluarga

Komite Palang Merah Internasional ICRC menjadi korban serangan siber besar-besaran, di mana para peretas mencuri data lebih dari 515.000 orang yang sangat rentan, yang sebagian di antaranya melarikan diri dari. konflik, demikian pengumuman ICRC hari Rabu, (19/1/2022) (Sumber: Arab News via AFP)

“Serangan terhadap data orang yang hilang membuat penderitaan keluarga semakin sulit untuk ditanggung. Kami semua terkejut dan bingung bahwa informasi kemanusiaan ini jadi target dan diretas,” kata direktur jenderal ICRC Robert Mardini.

"Serangan dunia maya ini menempatkan orang-orang yang rentan, yaitu mereka yang membutuhkan layanan kemanusiaan, pada risiko lebih jauh."

Dan Mardinin meminta mereka yang bertanggung jawab untuk "melakukan hal yang benar, yaitu jangan membagikan, menjual, membocorkan, atau menggunakan data ini".

"Tindakan Anda berpotensi menyebabkan lebih banyak kerusakan dan rasa sakit bagi mereka yang telah mengalami penderitaan yang tak terhitung," tambahnya.

Sumber : Kompas TV/Straits Times


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:59
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19