Kompas TV regional berita daerah

Polisi Tetapkan Tersangka Kasus Persekusi Ibadah Natal

Kompas.tv - 19 Januari 2022, 11:51 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV ­– Satuan dari Polda Lampung telah menetapkan satu tersangka berinisial IMR (46) atas kasus dugaan persekusi ibadah Natal Desember 2021 lalu di Gereja Protestan Indonesia (GPI) Desa Banjar Agung, Tulang Bawang, Lampung.

Dari hasil penyelidikan, IMR (46) yang diketahui merupakan warga Desa Banjar Agung, Tulang Bawang ini diyakini melakukan penghasutan warga untuk melakukan persekusi tersebut.

Baca Juga: Viral! Dugaan Persekusi Ibadah Natal, Polisi Beri Penjelasan

Menurut Kasubdit 1 Kamneg Polda Lampung AKBP Dodon Priyambodo, modus yang digunakan tersangka untuk menghentikan kegiatan gereja, ialah dengan menggunakan Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri Nomor 8 dan 9 Tahun 2006.

Padahal sebenarnya, SKB dua menteri tersebut hanyalah bersifat pedoman, agar kepala daerah dapat menjaga kerukunan.

Selain itu, Dodon juga menyebut dari hasil pemeriksaan, tersangka diketahui sudah tiga kali melakukan upaya menghalang-halangi kegiatan peribadatan para jemaat GPI Tulang Bawang.

“Adapun pihak tersangka menggunakan argumen SKB dua menteri  untuk menghentikan kegiatan gereja. DImana sebenarnya SKB dua menteri ini sifatnya hanya pedoman bagi kepala daerah untuk menjaga kerukunan,” kata dia.

Selain mengamankan tersangka IMR (46), polisi juga turut mengamankan sejumlah barang bukti di antaranya berupa 3 unit telepon genggam berisikan rekaman penghasutan, sejumlah berkas, serta beberapa kayu papan yang digunakan untuk pemalangan gereja.

Baca Juga: Menteri Agama Tinjau Perayaan Malam Misa Natal 

Saat ini, tersangka harus menjalani proses hukum dan terancam hukuman 10 tahun penjara dengan dijerat Pasal 14 Ayat (1) UU Nomor 1 Tahun 1946 dan atau Pasal 160 KUHP dan atau Pasal 175 KUHP.

Atas kejadian ini, warga diimbau agar tidak mudah terprovokasi dengan hasutan pihak tertentu dan dapat lebih bertoleransi antarumat beragama sebagai wujud kebhinekaan. 

#persekusi #natal #gereja



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x