Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

5 Cara Agar Kucing Merasa Nyaman dan Bebas Stres di Lingkungan Baru

Kompas.tv - 18 Januari 2022, 17:33 WIB
5-cara-agar-kucing-merasa-nyaman-dan-bebas-stres-di-lingkungan-baru
Ilustrasi tips membuat kucing lebih nyaman dan mudah beradaptasi di lingkungan yang baru agar terhindar dari stres. (Sumber: Instagram)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Gading Persada

SOLO, KOMPAS.TV - Kucing merupakan hewan yang rentan mengalami trauma atau stres hingga menyebabkan sulit beradaptasi.

Saat mengalami stres, kucing cenderung akan memberikan tanda-tanda, seperti buang air kecil sembarangan, kehilangan nafsu makan, bersembunyi hingga berperilaku agresif.

Biasanya, hal ini akan terjadi apabila kucing harus berpindah ke tempat yang baru. Mulai dari karena diadopsi pemilik baru, baru diambil dari penitipan kucing, hingga pindah kos.

Perlu diketahui, kucing adalah jenis hewan teritorial yang nyaman tinggal di daerah kekuasaannya sendiri. Oleh sebab itu, ketika kucing tiba di lokasi baru perlu ada penyesuaian yang dilakukan.

Melansir dari Batter Sea, Selasa (18/1/2022), berikut ini tips membuat kucing lebih nyaman dan mudah beradaptasi di lingkungan yang baru agar terhindar dari stres.

1. Siapkan ruangan khusus kucing

Untuk membuat kucing nyaman dan mudah beradaptasi, siapkan satu ruangan khusus kucing. Idealnya ruangan atau area ini jarang dilewati orang dan hewan peliharaan lain.

Ruangan ini akan membuatnya tenang dan bisa mengobservasi area tempat tinggal barunya. Mereka biasanya membutuhkan waktu untuk merasa aman dan nyaman saat berada di lingkungan baru.

Oleh sebab itu, apabila kucing baru sampai di tempat baru sebisa mungkin baru dilepas setelah kucing merasa nyaman. Salah satunya, tidak berperilaku agresif.

Baca Juga: Kucing Sering Menatap Lama-lama? Bukan Minta Makan, Ini Alasan Lainnya



Sumber : Batter Sea


BERITA LAINNYA



Close Ads x