Kompas TV nasional update

PPKM Level 2 di Jakarta Diperpanjang Saat Kasus Omicron Terus Meningkat

Kompas.tv - 18 Januari 2022, 10:16 WIB
ppkm-level-2-di-jakarta-diperpanjang-saat-kasus-omicron-terus-meningkat
Ilustrasi pelonggaran PPKM. Sejumlah pekerja menyeberang di Pelican Crossing Jalan MH Thamrin, Jakarta, Jumat (21/5/2021) (Sumber: ANTARA FOTO/WIDODO S JUSUF/RWA)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Status Pemberlakuan Pembataan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2 di Jakarta kembali diperpanjang hingga 24 Januari 2022 mendatang. 

Keputusan ini tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 3 Tahun 2022 dijelaskan.

"Khusus kepada Gubernur DKI Jakarta untuk wilayah Kabupaten/Kota dengan kriteria level 2 yaitu Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Kota Administrasi Jakarta Barat, Kota Administrasi Jakarta Timur, Kota Administrasi Jakarta Selatan, Kota Administrasi Jakarta Utara, dan Kota Administrasi Jakarta Pusat," tulis Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian pada Inmendagri tersebut, dilihat Selasa (18/1/22). 

Keputusan ini, tulis Tito, merupakan tindak lanjut arahan Presiden Republik Indonesia terkait pelaksanaan PPKM di wilayah Jawa-Bali. 

Baca Juga: PPKM Diperpanjang, Ini Daftar Terbaru Wilayah Level 1, 2, dan 3

Diketahui, status PPKM Level 2 sudah diterapkan di Jakarta sejak Senin (3/1/22) lalu. Perubahan status level PPKM Jakarta terjadi di tengah merebaknya virus corona varian Omicron.

Per Senin (17/1/22) kemarin, Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dwi Oktavia melaporkan, kasus transmisi lokal varian Omicron di Jakarta sudah mencapai 243 kasus. Kini, Jakarta mencatat sebanyak 825 kasus Omicron. 

"Mengimbau agar masyarakat mewaspadai penularan virus varian Omicron yang kini meningkat di Jakarta," ujar Dwi, dalam keterangan pers, Senin.

Dari 825 kasus tersebut, sebanyak 582 kasus dialami oleh pelaku perjalanan dari luar negeri, sedangkan 243 lainnya adalah transmisi lokal.

Selaras dengan kenaikan kasus Omicron, angka kasus aktif Covid-19 juga terus meningkat.

Baca Juga: Omicron di Jakarta Capai 725 Kasus, Wagub DKI Buka Kemungkinan Pengetatan PPKM

Per 17 Januari 2022, kasus aktif Covid-19 di Jakarta mencapai 3.844. Sebanyak 2.098 kasus aktif merupakan pelaku perjalanan luar negeri. 

Dari 3.844 kasus aktif yang kini terdeteksi di Jakarta, sebanyak 3.042 orang melakukan isolasi di Wisma Atlet dan rumah, serta 813 orang sedang melakukan perawatan di rumah sakit.

Sementara itu, kasus sembuh mencapai 853.987 dan kasus meninggal sebanyak 13.591.



 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.