Kompas TV internasional kompas dunia

Petinju Cilik Ini Dijuluki Gadis Terkuat Sedunia, Bisa Pukuli Pohon hingga Rubuh

Kompas.tv - 16 Januari 2022, 06:00 WIB
petinju-cilik-ini-dijuluki-gadis-terkuat-sedunia-bisa-pukuli-pohon-hingga-rubuh
Evnika Saavadkass berlatih tinju saat berusia 8 tahun. (Sumber: Tangkapan layar Youtube via Kompas.com)

VORONEZH, KOMPAS.TV - Talenta Evnika Saavadkass, gadis asal Rusia, sudah disadari ayahnya sejak kecil. Gadis cilik ini menunjukkan talenta menjanjikan sebagai petinju.

Ketika masih berusia delapan tahun, pertunjukkan bakat Evnika sempat viral di media sosial. Gadis ini mampu melancarkan 100 pukulan dalam waktu kurang dari semenit.

Video-video latihan tinju Evnika kemudian ramai ditanggapi di media sosial. Pada November 2017, ia memukuli sebatang pohon hingga rubuh.

Gadis kelahiran Kazakhstan ini pun dijuluki sebagai “gadis terkuat sedunia” karena kepiawaian tinjunya.

Sebagaimana diwartakan The Sun, Evnika sampai kini masih rutin latihan tinju. Pada usia 12 tahun, ia berlatih lima kali per pekan bersema ayah, ibu, serta tujuh saudaranya.

Mereka rutin berlatih di pepohonan sekitar rumah keluarga di Voronezh, Rusia.

Baca Juga: Kisah Petinju-petinju Perempuan Irak yang Bertekad Pukul Jatuh Tabu Gender di Negaranya

Keluarga Saavadkas merupakan keluarga petinju. Ayah Evnika, Rustram Saadvaskass adalah seorang pelatih tinju profesional.

Sang ayah mengaku menyadari bakat Evnika sejak berusia empat tahun. Ia pun memutuskan untuk membimbing putrinya sendiri.

“Pertama saya menyadari bakatnya ketika saya melatih anak-anak yang lain. Saya tidak memperhatikan anak-anak yang lebih muda tetapi Evnika mulai melakukan tugas yang saya berikan pada anak-anak lebih tua,” kata Rustram kepada Daily Mail via The Sun.

“Dia amat perhatian dan bekerja keras. Itu adalah tanda karakter yang bagus. Saya melihat dari pandangan pertama tentang apa yang perlu saya kembangkan,” imbuh ayah Evnika itu.

Evnika sendiri mengaku sudah kepincut olahraga tinju sejak kecil. Ia menikmati gerakan-gerakan memukul dalam tinju.

“Saya menyukai tinju karena saat saya mengirim hook samping dan saya memukul dengan keras, saya menyukai bunyi yang dibuatnya,” tutur Evnika.

Pihak keluarga sendiri kerap mengunggah video sang putri berlatih hingga 2020 lalu. Pada November 2020, Evnika direkam sedang berlatih tinju, kali ini memukuli pintu baja.

Baca Juga: Petinju Youtuber Diminta Sadar Diri sebelum Tantang Bintang UFC


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x