Kompas TV nasional peristiwa

Usai Disuntik Vaksin Nusantara sebagai Booster, Prabowo Ucapkan Ini ke Dokter Terawan

Kompas.tv - 14 Januari 2022, 08:56 WIB
usai-disuntik-vaksin-nusantara-sebagai-booster-prabowo-ucapkan-ini-ke-dokter-terawan
Prabowo Subianto saat menerima Vaksin Nusantara sebagai booster yang disuntikkan oleh Dokter Terawan Agus Putranto (Sumber: Instagram Prabowo)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menerima vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau booster dengan merek vaksin Nusantara oleh dokter Terawan Agus Putranto.

Momen Prabowo disuntik vaksin booster Nusantara itu diunggah Prabowo melalui akun Instagramnya, Kamis (13/1/2022).

Melalui unggahan tersebut, Prabowo berharap Vaksin Nusantara sebagai booster dapat meningkatkan imun dan kekebalan tubuh.

"Meningkatkan imun dan kekebalan tubuh dengan Vaksin Nusantara," tulis Prabowo.

Prabowo pun mengucapkan terima kasih kepada Terawan atas vaksinasi booster yang telah disuntikkan.

"Terima kasih Letnan Jenderal TNI (Purn.) Prof. Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp.Rad, atas booster Vaksin Nusantara yang telah diberikan kepada saya," jelasnya.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Prabowo Subianto (@prabowo)

Sebelumnya, program vaksinasi Covid-19 booster atau dosis ketiga telah dimulai sejak Rabu (12/1) lalu.

Baca Juga: Kemenkes Terbitkan Surat Edaran soal Pelaksanaan Vaksin Booster, Ini Isi Selengkapnya

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, prioritas vaksinasi dosis booster akan diberikan kepada masyarakat usia 60 tahun ke atas atau warga lanjut usia (lansia) dan kelompok rentan.

"Mulai tanggal 12 Januari 2022 pemerintah akan melaksanakan vaksinasi ketiga dengan prioritas bagi lansia dan kelompok rentan," kata Jokowi melalui YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (11/1).

Lebih lanjut, Jokowi menyatakan syarat penerima vaksin booster adalah mereka yang sudah disuntik vaksin dosis kedua lebih dari 6 bulan.

Sementara itu, ada lima jenis vaksin booster yang telah mendapat izin penggunaan darurat (EUA) dari Badan POM, yaitu Coronavac PT Bio Farma, Pfizer, AstraZeneca, Moderna, dan Zifivax.

Kendati demikian, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebut pemberian vaksin dosis ketiga itu akan disesuaikan dengan ketersediaan vaksin.

Pada tahap pertama, Kemenkes menentukan vaksin booster yang akan disuntikkan kepada masyarakat ada tiga, yaitu Pfizer, AstraZeneca, dan Moderna. Dengan masing-masing diberikan dalam setengah dosis.

Baca Juga: Kemenkes Jadwalkan Vaksin Booster untuk Usia 18 Tahun ke Atas Dimulai Awal Februari 2022



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x