Kompas TV regional berita daerah

Vaksinasi Booster Dimulai, Warga Antusias Divaksin

Kompas.tv - 13 Januari 2022, 12:14 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau booster sudah dimulai di Kota Semarang Jawa Tengah, dan disambut antusias oleh warga. Sejak dibuka pendaftaran melalui aplikasi victory, kuota peserta vaksinasi langsung terpenuhi. Dinas Kesehatan Kota Semarang menunjuk 37 puskesmas dan beberapa rumah sakit di Kota Semarang untuk melayani vaksinasi booster.

Seperti di puskesmas Pandanaran Kota Semarang, warga yang telah mendaftar melalui aplikasi victory Kota Semarang mendapat suntikan vaksin booster. Pendaftaran vaksin booster diterapkan oleh Dinas Kesehatan Kota Semarang agar kuota vaksin yang dimiliki 37 puskesmas dan rumah sakit yang ditunjuk bisa memenuhi kuota masyarakat yang sudah melakukan pendaftaran melalui aplikasi.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, Abdul Hakam mengaku, pihaknya membatasi pemberian vaksin booster bagi masyarakat. Pasalnya, pasokan vaksin yang dimiliki oleh Dinas Kesehatan Kota Semarang digunakan untuk percepatan vaksinasi anak dosis pertama dan vaksinasi dosis kedua bagi masyarakat yang belum semuanya terselesaikan. Namun dinas kesehatan sudah mengalokasikan kebutuhan vaksin booster bagi semua puskesmas di Kota Semarang, dan beberapa rumah sakit yang ditunjuk untuk memberikan pelayanan vaksin booster pada masyarakat yang sudah terdaftar di aplikasi victory.

"Prinsipnya sudah melakukan vaksinasi dosis lengkap dua kali, jaraknya sudah lebih dari enam bulan, setelah itu mendaftar melalui victory, pastikan sudah punya e-tiket. Sehingga ketika daftar itu tidak kelamaan. Jadi di victory nanti kita akan upload kuota masing-masing dari puskesmas," ujar Abdul Hakam.

Dalam pemberian vaksin booster jenis astra zaneca, pfizer serta moderna yang diperintahkan oleh presiden. Dinas Kesehatan Kota Semarang memprioritaskan untuk warga lansia serta kelompok rentan usia 18 tahun ke atas. Syarat untuk mendapatkan vaksin booster, masyarakat harus sudah menerima vaksinasi dosis kedua lebih dari enam bulan, bisa menunjukkan foto kopi KTP/KK, sertifikat vaksin, memiliki e-tiket booster dan sudah melakukan pendaftaran melalui victory.semarangkota.go.id.

#vaksinasi #booster #kotasemarang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x