Kompas TV nasional kesehatan

Cara Tetap Bisa Ikut Vaksinasi Booster, Meski Tiket dan Jadwalnya Tak Muncul di PeduliLindungi

Kompas.tv - 13 Januari 2022, 08:55 WIB
cara-tetap-bisa-ikut-vaksinasi-booster-meski-tiket-dan-jadwalnya-tak-muncul-di-pedulilindungi
Ilustrasi vaksinasi Covid-19 kepada kelompok lansia. Vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau booster telau mulai dilaksanakan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dengan prioritas untuk lansia dan kelompok rentan. (Sumber: Kemenkes RI)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Masyarakat yang tergolong lanjut usia (lansia) dan kelompok rentan sudah bisa mengikuti vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau booster pada Rabu (12/1/2022) kemarin.

Untuk melihat tiket dan jadwal vaksinasi booster, kelompok prioritas tersebut dapat mengaksesnya melalui aplikasi PeduliLindingi.

Namun, apabila tiket dan jadwalnya belum muncul di aplikasi PeduliLindingi, lansia dan kelompok rentan tetap dapat mengikuti vaksinasi booster.

Hal itu sebagaimana informasi yang disampaikan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui laman resminya, Selasa (11/1/2022).

Baca Juga: Anggaran Vaksinasi Booster Sudah Ada, Kemenkeu: Salah Satu Bentuk Antisipatif

Kemenkes menjelaskan, kelompok prioritas yang belum mendapatkan tiket dan jadwal vaksinasi booster bisa datang langsung ke fasilitas kesehatan atau tempat vaksinasi terdekat.

"Anda bisa datang langsung ke fasilitas kesehatan atau tempat vaksinasi terdekat dengan membawa KTP dan surat bukti vaksinasi dosis 1 dan 2," bunyi informasi yang dikutip dari website Kemenkes.

Lebih lanjut, Kemenkes pun mengimbau kelompok prioritas yang mendaftar vaksinasi booster untuk selalu memastikan data dirinya, seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor ponsel.

Hal tersebut amatlah penting, karena agar tidak terjadi kesalahan dalam integrasi data di aplikasi PeduliLindingi nantinya.

Baca Juga: Penerima 2 Dosis Sinovac atau AstraZeneca? Cek Jenis Booster yang Direkomendasikan Kemenkes

Cara Cek Jadwal dan Tiket Vaksinasi Booster

Sementara itu, masyarakat juga sudah bisa mengecek tiket dan jadwal vaksinasi booster melalui situs dan aplikasi PeduliLindungi

1. Melalui situs PeduliLindungi

  • Kunjungi situs pedulilindungi.id
  • Pada baris Status Kesehatan, memasukkan nama lengkap dan NIK pribadi
  • Kemudian tekan tombol Periksa untuk mengecek status dan tiket vaksinasi

2. Melalui aplikasi PeduliLindungi

  • Buka aplikasi PeduliLindungi
  • Masuk dengan akun yang terdaftar
  • Klik menu Profil dan pilih Status Vaksinasi & Hasil Tes Covid-19
  • Status dan jadwal vaksinasi booster akan muncul di akun
  • Untuk cek tiket vaksin, masuk ke menu Riwayat dan Tiket Vaksin

Tiket tersebut dapat digunakan di fasilitas kesehatan atau tempat vaksinasi terdekat pada waktu yang sudah ditentukan.

Kemenkes menambahkan, vaksinasi booster secara gratis dilaksanakan di fasilitas kesehatan milik pemerintah yaitu Puskesmas, rumah sakit (RS) pemerintah maupun RS pemerintah daerah (RSUD).

Jenis vaksin ketiga yang akan diberikan ditentukan oleh petugas kesehatan berdasarkan riwayat vaksinasi dosis satu dan dosis kedua yang diterima dan sesuai ketersediaan vaksin di tempat layanan.



Sumber : Kemenkes


BERITA LAINNYA



Close Ads x