Kompas TV tekno internet

NFT Ghozali Everyday, Laku Keras Jualan Koleksi Foto Selfie, Dihargai hingga Rp42 Miliar

Kompas.tv - 13 Januari 2022, 05:43 WIB
nft-ghozali-everyday-laku-keras-jualan-koleksi-foto-selfie-dihargai-hingga-rp42-miliar
Laman OpenSea NFT koleksi foto selfie Ghozali Everyday. (Sumber: OpenSea)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Seorang pemuda asal Indonesia bernama Ghozali viral di media sosial setelah potret selfie dirinya yang dijual dalam bentuk non-fungible token (NFT) ramai dikoleksi kolektor digital, Rabu (12/1/2022).

Ghozali (22) menjual foto selfie dirinya melalui platform jual beli NFT, OpenSea. Platform tersebut memungkinkan jual beli NFT antar penyedia dan kolektor dengan mata uang kripto Etherium (ETH).

NFT yang dinamakan "Ghozali Everyday" berisi kumpulan foto Ghozali sejak berusia 18 tahun hingga 22 tahun yang bisa dikoleksi siapa pun.

"Ini benar-benar gambar saya di depan komputer hari demi hari," tulis Ghozali dalam laman OpenSea miliknya.

Baca Juga: Bentuk Lain Kripto yang Digadang-gadang Lebih Berharga, Minat terhadap Aset NFT Semakin Meroket!

Ghozali menyediakan sebanyak 933 foto selfie-nya untuk dikoleksi. Mulanya, harga untuk mengoleksi 1 selfie Ghozali hanya sebesar 0.001 ETH atau sekitar Rp45 ribu saja.

Setelah viral hingga mengundang banyak kolektor, harga NFT Ghozali Everyday rata-rata di sekitar 0.3 ETH atau Rp14 juta. Harga ini bisa bertambah atau berkurang, tergantung pasar.

Melalui akun Twitter-nya, Ghozali mengatakan, setiap selfie memiliki cerita di baliknya. Coba lihat apa penjelasan Ghozali terkait foto yang berhasil dikoleksi seseorang ini.

"Sangat langka, rambut ini mirip Tobey emo Spiderman 3," jelas Ghozali merujuk Spider-Man yang terkena efek Symbiote.

"Cerita pendek panjang (?) Di malam hari saya tak bisa tidur karena banyak berpikir, saya menyadari besok saya harus pergi ke sekolah," jelas Ghozali di NFT edisi kesekiannya.

Hingga Rabu (12/1), Ghozali mengumumkan NFT-nya hanya tersisa 331 saja.

Dari tangkapan layar, seluruh NFT yang diperdagangkan dalam selfie Ghozali baik beli atau jual sudah mencapai 0.66 ETH atau sekitar Rp31 juta.

Seiring banyaknya kolektor yang berminat mendapatkan Ghozali Everyday, nilai NFT diperdagangkan naik setiap waktu. 

Tercatat pada Kamis (13/1/2021) Ghozali Everyday sudah mencatatkan volume perdagangan sebesar 258 ETH atau sekitar Rp12 miliar.

Salah seorang kolektor yang memiliki Ghozali Everyday seri #732 bahkan menghargai selfie Ghozali sebesar 999 ETH atau sekitar 3 juta dolar AS atau sekitar Rp42 miliar.



Sumber : Twitter/Kompas.com/OpenSea


BERITA LAINNYA



Close Ads x