Kompas TV regional peristiwa

Jenderal Kopassus TNI Peringatkan Ribuan Polisi: Kalian Jangan Khianati Pimpinan

Kompas.tv - 13 Januari 2022, 00:37 WIB
jenderal-kopassus-tni-peringatkan-ribuan-polisi-kalian-jangan-khianati-pimpinan
Pangdam Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa (Sumber: Dok. TNI AD)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Deni Muliya

MANOKWARI, KOMPAS.TV - Sebanyak 1.496 anggota Bintara Afirmasi Otsus Polda Papua Barat berkesempatan bertemu langsung dengan Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa pada Rabu, 12 Desember 2021.

Bertempat di Markas Polda Papua Barat di Manokwari, ribuan Bintara Polri itu diberikan pengarahan oleh jenderal bintang dua satuan elite Komando Pasukan Khusus atau Kopassus tersebut.

Baca Juga: Terlalu Mirip Polisi, Polri akan Ganti Seragam Satpam Jadi Warna Krem

Dalam kesempatan itu, di hadapan para peserta, Pangdam Kasuari mengatakan bahwa untuk membangun suatu bangsa terdapat tiga persyaratan.

“Yang pertama membangun Sumber Daya Manusia (SDM), infrastruktur dan regulasi atau aturan,” kata Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa di Manokwari seperti dikutip dari keterangan resminya pada Rabu (12/1/2022).

Dari ketiga syarat tersebut, kata Mayjen Nyoman, yang paling penting adalah yang disebut pertama yaitu SDM. 

Baca Juga: KSAD ke Pangdam Jaya: Bila Jakarta Goyang Berpengaruh ke Seluruh Indonesia, Kendalikan Prajurit…

“Yang terpenting adalah Sumber Daya Manusia karena apabila SDM bagus maka kita tidak akan tertinggal oleh daerah lain,” ucapnya.

Pangdam menambahkan, ia bangga dan terharu dengan telah lahirnya para pemuda-pemuda terbaik, terpilih asal Papua melalui jalur Otsus baik itu di TNI dan Kepolisian saat ini.

“Kalian sebagai agen perubahan, putra pilihan telah dipercaya maka jangan ciderai, khianati dan sia-siakan kepercayaan pimpinan tersebut. Untuk itu mari kita syukuri apa yang telah diberikan kepada kita saat ini,” ujarnya.

Baca Juga: Bentrok Antarsuku di Jayawijaya Papua Mengakibatkan Korban Jiwa, 2 Kompi TNI Dikerahkan

“Papua adalah warisan dari para leluhur pendiri bangsa oleh karena itu mari kita selamatkan dan jaga Papua ini. Tugas kita sebagai anak-anak bangsa adalah menjaganya.”

Sementara itu, Kapolda Papua Barat Irjen Tornagogo Sihombing mengatakan bahwa 1.496 Bintara Otsus berperan sebagai agen dan perintis perubahan dalam pengabdian di institusi Polri untuk tanah Papua.

"Kalian harus menjadi agen dan perintis perubahan di tempat tugas masing-masing, serta niatkan pelaksanaan tugas kalian sebagai ibadah untuk melanyani, melindung dan mengayomi masyarakat dengan hati," ujar Kapolda Papua Barat.

Baca Juga: Pengabdian TNI untuk Pelosok Papua, Dirikan Enam Menara Lonceng Tanda Kedamaian

Adapun Bintara Afirmasi Otsus Polda Papua Barat TA. 2021 merupakan program kerja sama antara Kepolisian Republik Iodonesia (Polri) dan Pemerintah Provinsi Papua Barat dalam menyediakan personel Bintara Polri bagi Orang Asli Papua (OAP) tahun anggaran 2021 lalu.

Ribuan putra terbaik Papua tersebut telah menjalani pendidikan baik pendidikan dasar maupun kecabangan, sehingga mereka siap untuk berdinas di satuan masing-masing.

Hadir dalam kegiatan ini Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan, Wakil Ketua DPR Papua Barat dan Ketua MRP-Papua Barat.

Baca Juga: Dapat 3 Brevet, KSAD Jenderal Dudung Sebut Tak Mudah Jadi Prajurit Kopassus: Latihannya Sangat Berat



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x