Kompas TV nasional update corona

Seluruh Puskesmas di Jakarta Siap Layani Vaksinasi Booster untuk Lansia Mulai Hari Ini

Kompas.tv - 12 Januari 2022, 09:53 WIB
seluruh-puskesmas-di-jakarta-siap-layani-vaksinasi-booster-untuk-lansia-mulai-hari-ini
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah sedang mengkaji pemberian vaksin booster homolog dan heterolog. Airlangga menargetkan tahun depan vaksin booster sudah bisa diberikan (21/12/2021). (Sumber: Straits Times)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti, mengatakan, seluruh Puskemas di Jakarta siap membagikan vaksinasi booster Covid-19 untuk lansia mulai hari ini, Rabu (12/1/22). 

"Intinya, puskesmas sudah siap menerima kalau ada (kelompok) lansia yang melakukan vaksinasi booster," kata Widyastuti kepada awak media, Selasa (11/1/22) malam. 

Widyastuti mengatakan, pihaknya akan melayani pemberian vaksin booster sesuai dengan kriteria yang sudah ditetapkan pemerintah pusat.

"Karena ini informasinya kan kami terima sesuai dengan tadi rilis dari tim Pak Presiden," katanya. 

Baca Juga: Vaksin Booster Gratis Dimulai Hari Ini, Simak Lagi Syarat-syaratnya

Jajarannya sudah menginfokan kepada semua puskesmas untuk bersiap membagikan vaksinasi booster dan melihat seberapa banyak kelompok sasaran yang hadir. 

"Karena kan dibutuhkan alur yang lebih rapi, karena lansia kasian ya kalau nggak diatur dengan rapi," ujarnya. 

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menegaskan bahwa vaksinasi booster di Jakarta akan dibagikan secara gratis. 

Adapun rentang waktu penerima vaksin minimal 6 bulan setelah dosis kedua disuntikkan. Kelompok prioritas adalah lansia dan kelompok rentan.

"Prioritasnya kepada lansia dan kelompok rentan, ini sebagai komitmen pemerintah pusat dan daerah untuk kepentingan masyarakat," kata Riza.

Baca Juga: Catat! Ini Cara Cek Tiket dan Jadwal Vaksinasi Booster di PeduliLindungi

Sebagaimana yang diumumkan Presiden Joko Widodo yang memastikan seluruh vaksin dosis ketiga atau vaksin booster covid-19 akan diberikan gratis mulai hari ini.

"Mulai tanggal 12 Januari 2022 pemerintah akan melaksanakan vaksinasi ketiga dengan prioritas bagi lansia dan kelompok rentan," tuturnya.

Jokowi menekankan upaya pemberian vaksinasi booster tersebut dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x