Kompas TV tekno aplikasi

Utamakan Privasi, WhatsApp akan Sembunyikan Status Online dan Last Seen ke Orang Asing

Kompas.tv - 11 Januari 2022, 19:09 WIB
utamakan-privasi-whatsapp-akan-sembunyikan-status-online-dan-last-seen-ke-orang-asing
WhatsApp kembali memperbarui fitur-fiturnya, termasuk fitur Last Seen atau terakhir dilihat dan status online penggunanya, untuk mengedepankan privasi pengguna. (Sumber: Pixabay)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV – WhatsApp kembali memperbarui fitur-fiturnya, termasuk fitur Last Seen atau terakhir dilihat dan status Online, untuk mengedepankan privasi penggunanya.

Kedua fitur ini akan disembunyikan dari kontak asing secara default alias otomatis. Pembaruan ini dilakukan untuk membantu pengguna menjaga privasi dan mencegah aplikasi pihak ketiga melacak pengguna WhatsApp.

“Untuk meningkatkan privasi dan keamanan pengguna kami, kami mempersulit orang yang tidak Anda kenal dan belum mengobrol dengan melihat terakhir terlihat dan kehadiran online Anda di WhatsApp,” demikian pernyataan WhatsApp, dilansir Nairametrics, Selasa (11/1/2022).

Baca Juga: Bahaya Mengintai di Balik WhatsApp Aero, Apa Itu?

“Ini tidak akan mengubah apa pun antara Anda dan teman, keluarga, atau bisnis yang Anda kenal atau telah Anda kirimi pesan sebelumnya.”

Sebelumnya, WhatsApp mengatur fitur ini sebagai Everyone atau Semua Orang. Jadi, semua pengguna WhatsApp, termasuk kontak yang tidak dikenal, dapat melihat status online dan terakhir dilihat.

Pembaruan terbaru kini baru membatasi tampilan status online dan terakhir dilihat ke kontak yang disimpan atau Kontak Saya.

Sebagai update, fitur sembunyikan status Online dan Last Seen ini masih dikembangkan dalam versi beta dan akan segera dirilis secara publik.

Nantinya, pengguna dapat menyembunyikan status terakhir mereka dari siapa pun, termasuk orang yang ada di dalam daftar kontak.

Baca Juga: Ini Cara Menandai Pesan Penting di WhatsApp agar Tidak Lupa

Pembaruan dalam privasi memang tengah gencar dilakukan oleh WhatsApp. Beberapa waktu lalu, WhatsApp memperbarui fitur Disappearing Message.

Pengguna dapat menyetel pesan menghilang dengan tiga opsi, 24 jam, tujuh hari, atau 90 hari.



Sumber : Kompas TV/Nairametrics


BERITA LAINNYA



Close Ads x