Kompas TV regional berita daerah

Serunya Joy Sailing bersama Kapal Perang TNI AL

Kompas.tv - 11 Januari 2022, 16:55 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Taruna-taruni akademi Tentara Nasional Indonesia (TNI) tingkat satu tampak antusias mengikuti Joy Sailing atau pelayaran gembira dengan menggunakan kapal perang TNI Angkatan Laut (AL) yang bersandar di Pelabuhan Tanjung Emas semarang. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi gambaran secara lengkap alutsista dari angkatan laut.

Kegiatan yang ditampilkan kepada para taruna-taruni ketika KRI I Gusti Ngurah Rai 332 dan KRI Surabaya 591 bertolak dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, yaitu skenario combat. Skenario ini menggambarkan pertempuran di laut, dimana dua kapal KRI sebagai kapal yang disandera oleh teroris. Combat atau pertempuaran di kapal ini melibatkan atraksi Helly Bell TNI AL dan Helly Panther TNI AL. Selain serangan di kapal, terdapat pula serangan udara. Sehingga KRI GNR dan KRI Surabaya melakukan pertahanan dan penembakan senjata.

"Ini merupakan pengalaman bagi mereka untuk bekal dalam melanjutkan pendidikan ditahap berikutnya, sehingga para taruna, baik dari Akademi Militer, Akademi TNI AL, ataupun Akademi TNI Angkatan Udara, mendapatkan gambaran tampilan dari prajurit tempur laut dalam melaksanakan tugas operasi militer perang maupun selain perang secara real," ujar Kolonel Laut (P) Sumarji Bimoaji, Komandan Kri Gnr-332.

Sementara itu, kegiatan vaksinasi anak usia 6 hingga 11 tahun yang digelar di atas kapal perang KRI Surabaya-591 sesuai target. Sebanyak 2.068 dosis pertama sudah disuntikkan kepada anak-anak yang datang pada tanggal 6 hingga 7 Januari 2022.

"Dan kami manfaatkan acara ini. Rapat di Dermaga Tanjung Emas ini untuk melaksanakan vaksinasi. Ini merupakan salah satu tugas kita tidak hanya pemerintah provinsi, daerah, ataupun negara. Tetapi TNI Angkatan Laut berperan besar disini," kata Iwan Isnurwanto, Panglima Koarmada II Laksda TNI.

Vaksinasi anak yang digelar di atas kapal perang inipun disambut antusias anak-anak yang datang. Tidak hanya untuk mendapatkan suntikan vaksinasi, namun juga penasaran untuk melihat secara langsung kapal perang milik TNI Angkatan Laut. Rangkaian kegiatan ini sekaligus untuk memperingati Hari Dharma Samudera yang akan diperingati pada tanggal 15 Januari nanti.

#vaksinasi #tanjungemas #tni



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x